FEBRIYAN, RISKY (2023) Analisis pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli pada Marketplace Bukalapak (studi kasus di kota Cirebon). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700019086_JUDUL__230905014729.pdf Download (791kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700019086_BAB_I__230905014729.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700019086_BAB_II__230905014729.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700019086_BAB_III__230905014729.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700019086_BAB_IV__230905014729.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700019086_BAB_V__230905014729.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700019086_DAFTAR_PUSTAKA__230905014729.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700019086_LAMPIRAN__230905014729.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
Abstract
Bukalapak merupakan marketplace online yang berdiri pada tahun 2010 dan salah satu
marketplace online yang terkemuka buatan anak Indonesia. Bukalapak menawarkan
transaksi jual-beli kepada konsumen dan mengalami penurunan pengunjung setiap
bulannya yang menunjukan terdapat masalah penurunan minat pembelian. Untuk mencari
informasi lebih lanjut mengenai minat pembelian maka penelitian ini melakukan
penyebaran kuisioner pada masyarakat Cirebon yang pernah menggunakan aplikasi
Bukalapak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi
dan harga terhadap minat beli masyarakat Cirebon terhadap marketplace Bukalapak.
Penentuan variabel dilakukan dengan penyebaran kuesioner terbuka kepada masyarakat
Cirebon yang menggunakan marketplace Bukalapak dan studi literatur, diperoleh variabel
promosi dan harga. Populasi penelitian ini masyarakat Cirebon yang pernah menggunakan
marketplace Bukalapak dengan penentuan sampel menggunakan metode Hair. Metode ini
digunakan karena populasi tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 129.
Metode yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli
pada marketplace Bukalapak. Semakin besar promosi yang diberikan maka minat beli
masyarakat juga semakin meningkat. Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli
pada marketplace Bukalapak, semakin rendah harga yang ditawarkan maka semakin besar
minat beli pada marketplace Bukalapak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Harga, marketplace bukalapak, minat beli, promosi, regresi berganda |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76267 |
Actions (login required)
View Item |