Febriana Putri, Dheria (2023) Pembelajaran musik sebagai terapi kecerdasan emosional bagi siswa tunagrahita di SDLB N 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005015_JUDUL__231017102015.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005015_BAB_I__231017102015.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005015_BAB_II__231017102015.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005015_BAB_III__231017102015.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005015_BAB_IV__231017102015.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005015_BAB_V__231017102015.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005015_DAFTAR_PUSTAKA__231017102015.pdf Download (151kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005015_LAMPIRAN__231017102015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa tunagrahita biasanya memiliki keterbatasan dalam kemampuan berpikir. Keterbatasan tersebut membuat siswa tunagrahita mengalami mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran musik yang digunakan sebagai terapi kecerdasan emosional bagi siswa tunagrahita.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi ini dilakukan dengan mengamati secara langsung terkait pembelajran musik yang dilakukan di SDLB N 1 Yogyakarta. Wawancara dilakukan dengan guru musik dan guru kelas melalui proses tanya jawab untuk memperoleh data mengenai pembelajaran musik, terapi yang dilakukan guru, dan kendala yang dialami guru. Dokumentasi dilakukan untuk melengkapi data berupa gambaran umum dari proses pembelajaran musik dan terapi yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru musik, guru kelas, dan siswa tunagrahita berjumlah 5 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pembelajaran musik yang diajarkan kepada siswa tunagrahita di SDLB N 1 Yogyakarta berupa menyanyi. Pembelajaran musik yang dilakukan di SDLB N 1 Yogyakarta berdampak pada kecerdasan emosional yang dimiliki siswa tunagrahita. Pada saat proses pembelajaran musik kondisi emosional siswa tunagrahita dapat lebih terkontrol. Siswa tunagrahita juga sudah mampu menunjukan kecerdasan emosional dari beberapa komponen. Faktor pendukung berkaitan dengan sarana dan prasarana serta komponen pembelajaran. Sementara faktor penghambat yang mempengaruhi pembelajaran musik berasal dari kondisi yang ditunjukan siswa selama proses pembelajaran. Kontribusi penelitian ini adalah sebagai dasar untuk mengetahui mengenai pembelajaran musik sebagai terapi kecerdasan emosional bagi siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran musik, terapi, kecerdasan emosional, tunagrahita, SDLB N 1 Yogyakarta |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 06:49 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 06:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76299 |
Actions (login required)
View Item |