ALYAA NURULLITA, DHEA (2024) Efektivitas konseling kelompok cognitive behavior teknik restructuring untuk mengurangi perilaku cyberbullying pada siswa SMP N 10 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001132_JUDUL__240118115918.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001132_BAB_I__240118113632.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001132_BAB_II__240118113632.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001132_BAB_III__240118113633.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001132_BAB_IV__240118113633.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001132_BAB_V__240118113633.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001132_DAFTAR_PUSTAKA__240118113633.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001132_LAMPIRAN__240118113633.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fnomena perilaku cyberbullying yang sering terjadi di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Perilaku cyberbullying merupakan suatu tindakan negatif yang dilakukan melalui media elektronik maupun media sosial yang berbentuk intimidasi dengan menghina dan mempermalukan korban dengan sengaja dean membuat seseorang merasa tidak nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik restructuring untuk mengurangi perilaku cyberbullying di SMP Negeri 10 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa. Metode pengumpulan data yaitu teknik non tes berupa skala perilaku cyberbullying. Desain penelitian ini yaitu Pre-experimental dengan model one group pretest-posttest design. Uji validitas penelitian menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data penelitian menggunakan paired sampel t-test dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian ini adalah terjadi penurunan perilaku cyberbullying setelah mengikuti layanan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik restructuring dengan rata-rata sebesar 26,4. Hal ini ditunjukkan pada nilai rata-rata pretest yaitu 95,6 menjadi 69,2. Berdasarkan analisis data uji t-test menggunakan program SPSS 26 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik restructuring efektif untuk mengurangi perilaku cyberbullying pada siswa kelas VIII SMP negeri 10 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Cyberbullying, Konseling Kelombok, Cognitive Behavior, Restructuring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 02:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76350 |
Actions (login required)
View Item |