Efektivitas konseling kelompok cognitive behavior teknik restructuring untuk mengurangi perilaku cyberbullying pada siswa SMP N 10 Yogyakarta

ALYAA NURULLITA, DHEA (2024) Efektivitas konseling kelompok cognitive behavior teknik restructuring untuk mengurangi perilaku cyberbullying pada siswa SMP N 10 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001132_JUDUL__240118115918.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001132_BAB_I__240118113632.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001132_BAB_II__240118113632.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001132_BAB_III__240118113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001132_BAB_IV__240118113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001132_BAB_V__240118113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001132_DAFTAR_PUSTAKA__240118113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001132_LAMPIRAN__240118113633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fnomena perilaku cyberbullying yang sering terjadi di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Perilaku cyberbullying merupakan suatu tindakan negatif yang dilakukan melalui media elektronik maupun media sosial yang berbentuk intimidasi dengan menghina dan mempermalukan korban dengan sengaja dean membuat seseorang merasa tidak nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik restructuring untuk mengurangi perilaku cyberbullying di SMP Negeri 10 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa. Metode pengumpulan data yaitu teknik non tes berupa skala perilaku cyberbullying. Desain penelitian ini yaitu Pre-experimental dengan model one group pretest-posttest design. Uji validitas penelitian menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data penelitian menggunakan paired sampel t-test dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian ini adalah terjadi penurunan perilaku cyberbullying setelah mengikuti layanan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik restructuring dengan rata-rata sebesar 26,4. Hal ini ditunjukkan pada nilai rata-rata pretest yaitu 95,6 menjadi 69,2. Berdasarkan analisis data uji t-test menggunakan program SPSS 26 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik restructuring efektif untuk mengurangi perilaku cyberbullying pada siswa kelas VIII SMP negeri 10 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Cyberbullying, Konseling Kelombok, Cognitive Behavior, Restructuring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 12 Oct 2024 02:13
Last Modified: 12 Oct 2024 02:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76350

Actions (login required)

View Item View Item