Mardatillah, Bella (2023) Pengembangan Ensiklopedia Negeriku: Pakaian Adat Nusantara untuk meningkatkan Indigenous Knowledge siswa kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005305_JUDUL__231130093307.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005305_BAB_I__231130024914.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005305_BAB_II__231130024914.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005305_BAB_III__231130024914.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005305_BAB_IV__231130024914.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005305_BAB_V__231130024914.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005305_DAFTAR_PUSTAKA__231130024914.pdf Download (157kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005305_LAMPIRAN__231130024914.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005305_NASKAH_PUBLIKASI__231130024915.pdf Download (844kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar pada mata pelajaran IPAS terutama pada materi pakaian adat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan ensiklopedia cetak sebagai bahan ajar pembelajaran mata pelajaran IPAS materi pakaian adat nusantara berbasis indigenous knowledge bagi siswa kelas IV sekolah dasar, (2) Memvalidasi keefektivitas ensiklopedia sebagai bahan ajar pembelajaran mata pelajaran IPAS materi pakaian adat nusantara berbasis indigenous knowledge untuk meningkatkan indigenous knowledge siswa kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Gamplong. Dalam penelitian ini dilakukan pilot test untuk uji coba produk dan uji kelayakan menggunakan metode preexperimental design (non design) tipe One-Group Pretest-Posttest design, dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahan ajar ensiklopedia negeriku: pakaian adat nusantara berbasis indigenous knowledge untuk meningkatkan indigenous knowledge siswa kelas IV sekolah dasar menggunakan metode ADDIE melalui 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Hasil validitas bahan ajar ensiklopedia negeriku: pakaian adat nusantara dinyatakan valid dari penilaian para ahli dan pilot test, menghasilkan penilaian ahli materi 76% (baik), penilaian ahli pembelajaran 77,3% (baik), penilaian ahli bahasa 86,67% (sangat baik), dan hasil pilot test menghasilkan penilaian guru 90% kategori “sangat baik” dan peserta didik 100�ngan kategori “sangat baik”. (3) Efektivitas bahan ajar Ensiklopedia Negeriku: Pakaian Adat Nusantara Berbasis Indigenous Knowledge untuk meningkatkan indigenous knowledge siswa kelas IV sekolah dasar menunjukkan nilai rata-rata pre-test 44,54 dan post-test 90,91. Berdasarkan hasil uji T, nilai signifikansi adalah 0.00 lebih kecil dari < 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima serta menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antar pre-test dan post-test. Dengan demikian bahan ajar Ensiklopedia Negeriku: Pakaian Adat Nusantara Berbasis Indigenous Knowledge efektif digunakan dalam meningkatkan indigenous knowledge pembelajaran IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Ensiklopedia, bahan ajar, pakaian adat, indigenous knowledge |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:47 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76444 |
Actions (login required)
View Item |