Zahra Bintan Awaliyah, Ashiela (2023) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perkembangan psikososial pada anak di perumahan BRD Residence. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001179_JUDUL__230329123017.pdf Download (396kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001179_BAB_I__230329123017.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001179_BAB_II__230329120452.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001179_BAB_III__230329120452.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001179_BAB_IV__230329120452.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001179_BAB_V__230329120452.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001179_DAFTAR_PUSTAKA__230329120452.pdf Download (194kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001179_LAMPIRAN__230329120452.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya anak-anak yang menggunakan media sosial, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga memunculkan berbagai macam media sosial yang mudah diakses oleh anak-anak. Tujuan penelitian guna mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial terhadap perkembangan psikososial pada anak di Perumahan BRD Residence.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasi, menggunakan metode analisis data analisis regresi linier sederhana. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel penelitian ini adalah anak-anak sekolah di Perumahan BRD Residence. Data penelitian yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data non-test dengan instrumen skala psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta nilai R (korelasi atau hubungan) sebesar 0,380, dengan nilai koefesiensi determinasi (R Square) sebesar 0.114, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat hanya 14,4%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat 14,4% pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan psikososial pada anak di Perumahan BRD Residence, hal ini menunjukkan bahwa bukan hanya penggunaan media sosial saja yang berpengaruh terhadap perkembangan psikososial pada anak, namun ada banyak faktor lainnya, karena manusia merupakan makhluk dinamis yang terus mengalami perkembangan dan perubahan. Dari riset penelitian ini Guru BK dapat memberikan layanan berupa konseling kelompok dengan teknik self management kepada anak yang perkembangan psikososialnya terpengaruh oleh penggunaan media sosial yang kurang tepat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kuantitatif, media sosial, perkembangan psikososial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76965 |
Actions (login required)
View Item |