Barqy, Faiz Miftarica El (2024) Pengembangan E-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi pengukuran untuk penguatan dimensi bernalar kritis pada siswa fase E di MAN 1 Gunungkidul. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2007041002_JUDUL__240823075007.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2007041002_BAB_I__240823075007.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2007041002_BAB_II__240823075007.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2007041002_BAB_III__240823075007.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2007041002_BAB_IV__240823075007.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2007041002_BAB_V__240823075007.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2007041002_DAFTAR_PUSTAKA__240823075007.pdf Download (114kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2007041002_LAMPIRAN__240823075007.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2007041002_NASKAH_PUBLIKASI__240823075008.pdf Download (426kB) |
Abstract
Pemerintah Indonesia menerapkan Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan pendidikan dengan fokus pada karakter dan kompetensi yang selaras dengan Pancasila. Strategi yang diterapkan termasuk memperkuat profil pelajar Pancasila untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan era Industri 4.0. Pendidikan fisika di sekolah menengah sangat penting untuk mengembangkan keterampilan bernalar kritis dan analitis siswa. E-modul berbasis pembelajaran yang ter-diferensiasi diharapkan dapat memperkuat profil pelajar Pancasila, terutama dalam penalaran kritis. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pengajaran yang inklusif dan relevan dalam pendidikan di Indonesia.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah model Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi (ADDIE). Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan bernalar komputasional di kalangan siswa yang menggunakan e-modul. E-modul ini didukung oleh para ahli dan berdampak positif pada kemampuan penalaran kritis siswa. Analisis statistik uji t mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan antara kelompok e-modul dan kelompok kontrol, menegaskan dampak positif metode ini dalam mengembangkan keterampilan bernalar komputasional siswa di MAN 1 Gunungkidul di mana Hasil uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan nilai probabilitas 0,0087 (uji t < 0> 0,05).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Pengembangan e-modul, pembelajaran berdiferensiasi, bernalar kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 06:22 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 06:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77090 |
Actions (login required)
View Item |