Agus Mujahidin, Arif (2023) Strategi guru PAI dalam meningkatkan penguatan karakter siswa di era disrupsi tahun pelajaran 2022 2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900331031_JUDUL__230609085256.pdf Download (979kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900331031_BAB_I__230609085256.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900331031_BAB_II__230609085256.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900331031_BAB_III__230609085256.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900331031_BAB_IV__230609085256.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900331031_BAB_V__230609085256.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900331031_DAFTAR_PUSTAKA__230609085256.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900331031_LAMPIRAN__230609085256.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya karakter atau akhlak siswa diera disrupsi yang biasa dikenal dengan era percepatan teknologi dengan contoh kasus sebagian siswa yang jarang mengikuti arahan-arahan dari guru untuk mengerjakan sholat karena malah asyik dengan gagetnya, terjadi perilaku bullying, dan perkelahian antar pelajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu Pertama, untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam
menguatkan karakter siswa SMK Negeri 1 Yogyakarta di era disrupsi sekarang ini. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penguatan karater siswa SMK Negeri 1 Yogyakarta di era disrupsi.
Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Untuk
analisis data yang dilakukan, peneliti mengawali dengan mereduksi data,
kemudian menyajikan data yang sesuai dengan permasalahan dan akhiri dengan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam
menguatkan karakter siswa diera disrupsi di SMK Negeri 1 Yogyakarta yaitu menggunakan komunikasi yang baik, menunjukkan keteladanan, membuat program pembiasaan, dan menerapkan metode pengambilan hikmah dalam
pembelajaran. Guru PAI berserta guru-guru yang lainnya saling bersinergi untuk bekerja sama dalam mengupayakan penguatan karakter siswa dengan berbagai
bentuk strategi atau metode yang digunakan. Upaya ini didukung oleh pemangku kebijakan, sarana dan prasarana yang mendukung serta sumber daya manusia yang berkompeten di keahliaanya masing-masing. Motivasi dan kebiasaan siswa menjadi tantangan bagi guru PAI untuk terus meningkatkan dan menguatkan karakter siswa kedepannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Era disrupsi, Penguatan Karakter, Strategi guru PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:41 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77310 |
Actions (login required)
View Item |