Ulya, Lulu Khanifatul (2024) Kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah optimal pada proses pembelajaran di SD Negeri Ketanggan 04 Kabupaten Batang. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046011_JUDUL__240319072706.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046011_BAB_I__240319072706.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046011_BAB_II__240319072706.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046011_BAB_III__240319072706.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046011_BAB_IV__240319072706.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046011_BAB_V__240319072706.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046011_DAFTAR_PUSTAKA__240319072706.pdf Download (432kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046011_LAMPIRAN__240319072706.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Lulu Khanifatul Ulya. 2024. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Sekolah Optimal Pada Proses Pembelajaran Di SD Negeri Ketanggan 04 Kabupaten Batang. Tesis. Yogyakarta: Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan
Sekolah merupakan tempat formal bagi peserta didik untuk berproses dalam kegiatan belajar. Idealnya sekolah mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh warga sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis kegiatan kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang optimal sehingga mendukung proses pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data penelitian ini melibatkan 4 narasumber yaitu Kepala Sekolah (P1), Guru kelas rendah (P2), Guru Kelas Tinggi (P3), dan Wali Siswa (P4). Tahapan analisis data yang dilakukan pada penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data pada penelitian ini memanfaatkan aplikasi Atlas ti Versi 9 untuk mempermudah penyusunan hasil temuan.
Hasil penelitian ini adalah proses kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah di SD Negeri Ketanggan 04 meliputi 3 tahapan berdasarkan pendekatan Teori Kepemimpinan Ohio, yakni: 1) Tahapan membangun hubungan kerja, 2) Mendukung dalam menyelesaikan masalah, dan 3) Mengelola konflik. Peran kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dalam mengembangkan iklim sekolah optimal. Adanya kepemimpinan dan koordinasi dari kepala sekolah serta kolaborasi antara warga sekolah, maka penciptaan iklim sekolah akan semakin optimal dan segala kegiatan di sekolah dapat terlaksana dengan lancar terutama proses pembelajaran. Iklim sekolah optimal yang tecipta di SD Negeri Ketanggan 04 merupakan bentuk hubungan yang harmonis antara warga sekolah meliputi kepala sekolah, guru, siswa dan wali siswa yang dapat mendukung segala kegiatan di sekolah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Iklim Sekolah optimal, Kepala Sekolah, Kepemimpinan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Master of Managemen (Magister Manajemen) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:24 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77578 |
Actions (login required)
View Item |