Keefektifan konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy CBT untuk mereduksi perilaku bullying verbal pada pelaku di SMP Muhammadiyah Bantul

Izzati Tokan, Dhiya'atul (2024) Keefektifan konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy CBT untuk mereduksi perilaku bullying verbal pada pelaku di SMP Muhammadiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001115_JUDUL__241123120129.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001115_BAB_I__241122044532.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001115_BAB_II__241122042557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001115_BAB_III__241122042557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001115_BAB_IV__241122042557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001115_BAB_V__241122042557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001115_DAFTAR_PUSTAKA__241122042557.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001115_LAMPIRAN__241122042557.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Maraknya perilaku Bullying verbal pada peserta didik. kelas VIII di SMP Muhammadiyah Bantul. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru bimbingan dan konseling SMP Muhammadiyah Bantul menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang melakukan bullying, jenis bullying yang ditemukan di sekolah adalah jenis bullying verbal pada siswa, berupa hinaan, ejekan. Guna mengurangi perilaku bullying verbal pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul diperlukan adanya dukungan dari semua pihak, khususnya kontribusi seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) untuk mereduksi perilaku bullying verbal pada pelaku di SMP Muhammadiyah Bantul.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen dengan desain penelitian Pre Eksperimental design yang menggunakan model one group pretest posttest design. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Bantul yaitu 5 orang peserta didik. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan bantuan SPSS versi 25. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perilaku bullying verbal. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Penggunaan analisis data statistik pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t test.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan paired sample t test, diketahui nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000, dimana nilai sig tersebut <0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perubahan skor pretest dan posttest sehingga dapat disimpulkan konseling kelompok Cognitive Behavior Therapy (CBT) efektif Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Verbal Pada Pelaku Di SMP Muhammadiyah Bantul. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi guru Bimbingan dan Konseling atau konselor untuk membantu siswa dalam mereduksi perilaku bullying verbal melalui konseling kelompok CBT.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: CBT, Restructuring Cognitive, Bullying Verbal
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:11
Last Modified: 17 Dec 2024 04:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77608

Actions (login required)

View Item View Item