Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Di SMP Negeri 1 Cilacap

Dwi Qonita Puri Puri, Hastuningtyas (2024) Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Di SMP Negeri 1 Cilacap. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001143_JUDUL__241123125729.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001143_BAB_I__241123120350.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001143_BAB_II__241123120350.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001143_BAB_III__241123120350.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001143_BAB_IV__241123120350.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001143_BAB_V__241123120350.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001143_DAFTAR_PUSTAKA__241123120350.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001143_LAMPIRAN__241123120350.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami motivasi belajar rendah yang terjadi pada kelas VIII C di SMP Negeri 1 Cilacap. ditemukan berbagai gejala permasalahan diantarnya, masih adanya siswa yang kurang bersemangat ketika mengikuti mata pelajaran tertentu, beberapa siswa yang pasif pada mata pelajaran matematika dan IPA, kemampuan bernalar kritisnya masih terbilang kurang serta rasa keingintahuannya yang rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP NEGERI 1 Cilacap.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun Desain penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental design dengan model one group pretest postest. Desain pre-eksperimental ini menggunakan pengukuran sebelum dan sesudah diberikan treatment. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cilacap sebanyak 8 siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar pada kategori rendah. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti terapkan adalah menggunakan teknik non test, yaitu dengan skala motivasi belajar.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil Pretest nilai sebesar 395dengan rata-rata nilai 49,37. Setelah diberikan layanan sebanyak 4 kali pertemuan, siswa mengalami peningkatan nilai pada Posttest sebesar 694 dengan rata 86,8. Hasil paired sample t-test dengan menggunakan SPSS 27 tingkat signifikasi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05, apabila nilai signifikansi < 0,05 Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar sebelum diberikan treatment dengan sesudah diberikan treatment. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilacap.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: motivasi belajar, teknik problem solving, layanan bimbingan kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 18 Dec 2024 02:07
Last Modified: 18 Dec 2024 02:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77613

Actions (login required)

View Item View Item