Ramadan, Wahyu (2023) Strategi penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini di PAUD Sepakat Desa Sengawang Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031041_JUDUL__230622085137.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031041_BAB_I__230621023725.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031041_BAB_II__230621023725.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031041_BAB_III__230621023725.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031041_BAB_IV__230621023725.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031041_BAB_V__230621023725.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031041_DAFTAR_PUSTAKA__230621023725.pdf Download (162kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031041_LAMPIRAN__230621023725.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran lembaga pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman sebagai pendidikan kelanjutan dari orang tua. Sehingga, diperlukan strategi penananman nilai-nilai keislaman yang dari guru yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Dengan itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini di PAUD Sepakat, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data penelitian, teknik yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder, yang mana sumber data primer merupakan tiga orang narasumber yakni satu orang kepala sekolah dan dua orang guru. Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah beberapa referensi yang berasal dari buku, artikel jurnal, dan lain-lain. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data, lalu dilakukan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini adalah dengan strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori. (2) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini adalah yang pertama yaitu faktor pendukung terdiri dari minat belajar peserta didik yang tinggi, guru yang berkompeten, motivasi dari orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat strategi penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini adalah perkembangan emosional peserta didik yang masih labil dan lingkungan sosial yang kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai keislaman, PAUD, Usia dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 03:08 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 03:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77674 |
Actions (login required)
View Item |