Tiara Suparmadi, Andrea (2024) Rancangan layanan teknologi informasi di klinik Pratama Kalasan Sehat menggunakan ITIL V4. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000016115_JUDUL__241027090231.pdf Download (709kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000016115_BAB_I__241027090119.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000016115_BAB_II__241027090119.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000016115_BAB_III__241027090119.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000016115_BAB_IV__241027090119.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000016115_BAB_V__241027090119.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000016115_DAFTAR_PUSTAKA__241027090119.pdf Download (130kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000016115_LAMPIRAN__241027090119.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perbaikan manajemen layanan Teknologi Informasi (TI) di Klinik Pratama Kalasan Sehat dengan menggunakan framework ITIL V4. Klinik menghadapi kendala dalam mengelola layanan TI akibat ketiadaan service catalogue dan Service Level Agreement (SLA), yang mengakibatkan ketidakjelasan dalam standar layanan yang diterima dari vendor. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dokumen service catalogue dan SLA yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional layanan TI di klinik. Dengan ini, diharapkan klinik dapat mengelola layanan TI dengan baik, memastikan kualitas layanan yang sesuai dengan kebutuhan, dan mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, observasi, dan analisis kondisi saat ini untuk mengidentifikasi proses bisnis, stakeholder terkait, layanan TI, dan infrastruktur TI yang ada. Sebelum merancang layanan TI, dilakukan analisis kondisi yang diharapkan dan perbaikan manajemen layanan TI. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dokumen service catalogue dan SLA yang sesuai dengan kebutuhan klinik. Pengujian dilakukan untuk memvalidasi dokumen hasil rancangan layanan TI dan memastikan bahwa standar yang ditetapkan telah relevan dan sesuai.
Hasil dari penelitian ini berupa dokumen perencanaan layanan TI, perbaikan alur proses bisnis, keterlibatan stakeholder terhadap layanan TI, service catalogue, dan SLA. Hasil pengujian menunjukkan tingkat persetujuan 100% untuk semua kategori. Dengan demikian, dokumen-dokumen yang telah disusun dinyatakan memenuhi kebutuhan klinik dan diharapkan dapat mendukung perbaikan manajemen layanan TI. Dokumen-dokumen ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan atau panduan dalam pengelolaan layanan TI di Klinik Pratama Kalasan Sehat, sehingga dapat mendukung operasional layanan TI yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Manajemen layanan teknologi informasi, ITIL V4, Service Catalogue, Service Level Agreement (SLA) |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 03:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 03:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77679 |
Actions (login required)
View Item |