Ananta Fathan, Roofiif (2024) Pengembangan mobile payment gateway menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) (Studi Kasus Perumahan Graha Nirmala). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000018419_JUDUL__241129081224.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000018419_BAB_I__241129081224.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000018419_BAB_II__241129081224.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000018419_BAB_III__241129081224.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000018419_BAB_IV__241129081224.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000018419_BAB_V__241129081224.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018419_DAFTAR_PUSTAKA__241129081224.pdf Download (163kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000018419_LAMPIRAN__241129081224.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
Abstract
Perumahan Graha Nirmala memiliki sebuah sistem yang digunakan dalam manajemen penghuni perumahan. Manajemen perumahan terdiri dari pendataan penghuni perumahan, daftar rumah, pengeluaran kas perumahan, dan tagihan kas perumahan. Namun, sistem informasi manajemen dan sistem pembayaran kas di perumahan graha nirmala dalam bentuk website yang dibuat oleh peneliti sebelumnya masih kurang optimal dimana belum dilakukan hosting sehingga belum ada pengujian oleh pengguna, oleh karena itu dilakukan pengembangan menjadi mobile aplikasi, sehingga memungkinkan penghuni perumahan dapat melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja. Pengembangan ini dilakukan karena dengan membuat aplikasi mobile secara langsung maka pengguna dapat langsung membuka aplikasi dompet digital atau mobile banking secara langsung melalui aplikasi.
Pengembangan yang dilakukan ini akan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Penelitian ini dimulai dari perencanaan kebutuhan sistem yang akan dibuat yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tahapan berikutnya adalah proses desain, pada tahap ini peran dari pengguna dibutuhkan untuk membuat sebuah desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Desain yang dibuat dapat direvisi langsung oleh pengguna jika terdapat ketidaksesuaian. Tahapan berikutnya adalah implementasi dan pengumpulan umpan balik dari pengguna, untuk mendapatkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Terakhir dari Rapid Application Development (RAD) adalah Finalize product yang mana akan menyerahkan semua produk/sistem yang sudah siap kepada pengguna.
Hasil dari penelitian ini adalah optimasi website yang telah dibuat sebelumnya yaitu dapat mendapatkan data penghuni dan data bulanan dalam bentuk excel, selanjutnya pengembangan ke dalam aplikasi android dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Selanjutnya optimasi yang dilakukan pada website dengan menambahkan pagination dan sistem pencarian pada tabel penghuni, rumah, dan log activity, sehingga mempermudah pengurus dalam mencari data. Penghuni perumahan dapat melakukan pembayaran secara mudah menggunakan aplikasi android karena dapat terhubung ke aplikasi dompet digital. Pada tahap akhir website sudah dilakukan hosting sehingga para pengurus dapat mengakses keuangan perumahan setiap hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Android; Midtrans; Mobile; Payment Gateway; RAD |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TX Home economics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:45 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78503 |
Actions (login required)
View Item |