Falah, Fadailal Akmal (2023) Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Kelas V di SD Negeri Kemiriombo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005338_JUDUL__230907124232.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005338_BAB_I__230907124232.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005338_BAB_II__230907124232.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005338_BAB_III__230907124232.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005338_BAB_IV__230907124232.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005338_BAB_V__230907124232.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005338_DAFTAR_PUSTAKA__230907124232.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005338_LAMPIRAN__230907124232.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005338_NASKAH_PUBLIKASI__230907124232.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan pembelajaran, akibatnya peserta didik kurang mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu upaya adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis HOTS. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis HOTS dan faktor pendukung serta penghambat pada kelas V di SD Negeri Kemiriombo.
Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik, adapun objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik berbasis HOTS pada kelas V di SD Negeri Kemiriombo. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teknik analisis data menggunakan Miles dan Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik berbasis HOTS dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan pembelajaran guru kelas V membuat RPP yang berorientasi HOTS, selanjutnya tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu proses pembelajaran di kelas V. Kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah menerapkan pembelajaran tematik berbasis HOTS menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning. Tahap terakhir yaitu evaluasi pembelajaran guru sudah membuat soal-soal penilaian berbasis HOTS baik ulangan harian, PAS, dan PAT menggunakan kata kerja operasional (KKO) minimal C-4 ke atas. Adapun faktor pendukung implementasi pembelajaran tematik berbasis HOTS yaitu persepsi guru yang positif terhadap pembelajaran berbasis HOTS, kualifikasi guru yang sudah memadai, dan media serta sumber belajar yang tersedia di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dan keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana sekolah seperti proyektor dan infocus sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementation, Thematic, HOTS, Elementary School Students |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 01:48 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 01:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |