Rahayu, Eka Sri (2023) Hubungan Antara Cara Belajar dan Komunikasi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kurikulum Merdeka Kelas X SMA Negeri 2 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006035_JUDUL__230811113954.pdf Download (857kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006035_BAB_I__230811113954.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006035_BAB_II__230811113954.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006035_BAB_III__230811113954.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006035_BAB_IV__230811113954.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006035_BAB_V__230811113954.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006035_DAFTAR_PUSTAKA__230811113954.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006035_LAMPIRAN__230811113954.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Cara belajar merupakan salah satu faktor penting untuk dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan pengamatan didapatkah bahwa pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung, peserta didik kurang mempersiapkan pelajaran. Selain itu, peserta didik kesulitan dalam mengungkapkan ide dari suatu masalah kedalam persamaan matematika. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik kurang mampu dalam hal komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dan komunikasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah kurikulum merdeka kelas X SMA Negeri 2 Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-8 SMA Negeri 12 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa angket cara belajar, tes uraian komunikasi matematis, dan tes uraian tes pemecahan masalah. Uji instrumen penelitian yang digunakan berupa uji validasi dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif, uji prasyarat statistik, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil uji-t variabel X_1 terhadap Y dengan nilai t_hitung>t_tabel atau 2,119>2,034 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan pemecahan masalah. Hasil uji-t variabel X_2 terhadap Y dengan nilai t_hitung>t_tabel atau 6,028>2,034 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi matematis dengan pemecahan masalah. Hasil uji-F antara X_1 dan X_2 terhadap Y dengan nilai F_hitung>F_tabel atau 19,032 >2,901 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dan komunikasi matematis dengan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Cara Belajar, Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | Nurshifa Fauziyah |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 03:25 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |