Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Cacah Besar Berbasis Aplikasi Canva untuk Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta

Arip, Ahmad (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Cacah Besar Berbasis Aplikasi Canva untuk Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005079_JUDUL__240715104116.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005079_BAB_I__240715104116.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005079_BAB_II__240715104116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005079_BAB_III__240715104116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005079_BAB_IV__240715104116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005079_BAB_V__240715104116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005079_DAFTAR_PUSTAKA__240715104116.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005079_LAMPIRAN__240715104116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu pembelajaran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu materi pada mata pelajaran matematika SD adalah pada materi bilangan cacah besar. Permasalahan peserta didik pada materi bilangan cacah besar yaitu peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi bilangan cacah besar. Dalam hal ini dilakukan Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Besar Berbasis Aplikasi Canva Untuk Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan modul pembelajaran dan mengevaluasi kualitas modul oleh para ahli serta kelayakan menurut guru dan respon peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, dan angket respon guru kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli, 21 orang peserta didik, dan 1 orang guru kelas IV di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) modul pembelajaran matematika telah berhasil dikembangkan melalui langkah-langkah ADDIE, (2) hasil penilaian kualitas modul pembelajaran oleh para ahli yaitu: a) ahli media = 82 dengan kriteria “Baik”, b) ahli materi = 70 dengan kriteria “Baik”, c) ahli bahasa = 84 dengan kriteria “Sangat Baik”, d) ahli pembelajaran = 97 dengan kriteria “Sangat Baik”; (2) hasil kelayakan dari guru matematika = 78 dengan kriteria “Baik”, (3) hasil penilaian dari peserta didik kelas IV = 89 dengan kriteria “Sangat Baik”. Jadi jumlah keseluruhan penilaian terhadap modul pembelajaran yaitu 83 dengan kategori “Baik”. Sehingga modul pembelajaran tersebut berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Modul pembelajaran matematika ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu memiliki barcode yang memudahkan peserta didik untuk mengakses video pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul Pembelajaran Matematika, Bilangan Cacah Besar, Canva, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:11
Last Modified: 17 Apr 2025 03:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82936

Actions (login required)

View Item View Item