Arsy Zahaadah, Qori (2025) Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Piutang Perkreditan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus: PT Baitul Barakah Mantrijeron). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
| ![[thumbnail of JUDUL]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (JUDUL) T1_2000018355_JUDUL__250409084117.pdf Download (652kB) | 
| ![[thumbnail of BAB I]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB I) T1_2000018355_BAB_I__250409084117.pdf Download (168kB) | 
| ![[thumbnail of BAB II]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB II) T1_2000018355_BAB_II__250409084117.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy | 
| ![[thumbnail of BAB III]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB III) T1_2000018355_BAB_III__250409084117.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy | 
| ![[thumbnail of BAB IV]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) T1_2000018355_BAB_IV__250409084117.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy | 
| ![[thumbnail of BAB V]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V) T1_2000018355_BAB_V__250409084117.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy | 
| ![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Daftar Pustaka) T1_2000018355_DAFTAR_PUSTAKA__250409084117.pdf Download (155kB) | 
| ![[thumbnail of Lampiran]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Lampiran) T1_2000018355_LAMPIRAN__250409084117.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy | 
| ![[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA]](http://eprints.uad.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA) T1_2000018355_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250409084117.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy | 
Abstract
Baitul Barakah Mantrijeron Yogyakarta adalah perusahaan perorangan tidak berbadan 
hukum koperasi, yang bergerak dalam bidang penjualan barang secara kredit syariah 
murabahah yang dalam pengelolaan piutang perkreditnya mencakup laporan laba rugi, data 
pembayaran nasabah tidak lancar masih secara konvensional dengan pencatatan dikertas dan 
perekapan pada Microsoft Excel serta pemberitahuan terlambat bayar dan jatuh tempo secara 
manual. Hal ini menjadi tidak efektif dan efisien karena menyebabkan permasalahan kehilangan 
data, duplikasi data, kesalahan input atau human error,dan file rusak. Berdasarkan permasalah 
itu dikembangkan sistem pengelolaan piutang perkreditan mencakup laporan laba rugi 
pengingat WhatsApp otomatis terlambat bayar dan jatuh tempo diharapkan dengan sistem 
pengelolaan data tersebut menjadi lebih efektif dan efisien serta mengurangi resiko 
permasalahan yang sedang terjadi. 
Penelitian ini dirancang mengacu pada menggunakan metode waterfall yang terdiri dari 
beberapa tahapan berurutan, dimulai dari tahap pengumpulan data. Pada tahap ini, informasi 
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk memahami kebutuhan sistem 
secara menyeluruh. Data yang telah dikumpulkan kemudian menjadi dasar dalam proses analisis 
sistem, perancangan, implementasi, serta pengujian dengan metode Black Box dan System 
Usability Scale (SUS). Metode ini dipilih karena memberikan alur kerja yang sistematis dan 
terstruktur, sehingga setiap tahapan dapat dilakukan secara terfokus dan menghasilkan sistem 
yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. 
Penelitian ini menghasilkan sistem informasi berupa sebuah aplikasi web yang dapat 
mengelola data piutang perkreditan mencakup  laporan laba rugi, data rekapan otomatis 
pembayaran nasabah tidak lancar dan pemberitahuan pesan informasi terlambat bayar dan 
jatuh tempo otomatis. Hasil pengujian sistem ini dengan metode Black Box menunjukkan semua 
fungsionalitas sistem berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan dan pada pengujian SUS 
dihasilkan bahwa rata-rata skor yang didapat dari penilaian 30 responden adalah 71,83 yang 
mana didapatkan peringkat dalam kategori acceptable range, skor masuk dalam range 
acceptable, lalu dalam kategori grade scale, skor masuk dalam grade C dan dalam kategori 
adjektif rating, skor masuk dalam rating good.
| Item Type: | Thesis (S1) | 
|---|---|
| Keyword: | Black Box, Kredit, System Usability Scale, Waterfall, Website | 
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software | 
| Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) | 
| Depositing User: | userperpus2 userperpus2 | 
| Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:01 | 
| Last Modified: | 17 Apr 2025 06:01 | 
| URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83003 | 
| Dosen Pembimbing: | Zahrotun, Lisna | [error in script] | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
