Malana, Bita (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Peredaran Darahku Sehat Berbasis Metakognisi untuk Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005069_JUDUL__230325125305.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005069_BAB_I__230325125305.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005069_BAB_II__230325125305.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005069_BAB_III__230325125305.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005069_BAB_IV__230325125305.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005069_BAB_V__230325125306.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005069_DAFTAR_PUSTAKA__230325125306.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005069_LAMPIRAN__230325125306.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005069_NASKAH_PUBLIKASI__230325125306.pdf Download (752kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan metakognisi siswa menuntut guru untuk melakukan upaya serius. Salah satu upaya dalam menangani permasalahan ini melalui pengembangan bahan ajar mandiri dalam bentuk modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk modul pembelajaran berbasis metakognisi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian ADDIE, dengan tahapan: (1) analisis, (2) perancangan produk, (3) pengembangan produk, (4) implementasi, dan (5) evaluasi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif untuk mengolah data berdasarkan kritik dan saran dari para ahli serta analisis data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai 86 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 79 dengan kategori “Baik”. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai 89 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 88 dengan kategori “Sangat Baik”. Rata-rata dari penilaian para ahli diperoleh nilai 85,5 dengan kategori “Sangat Baik”.
Simpulan penelitian ini adalah modul pembelajaran peredaran darahku sehat berbasis metakognisi untuk kelas V sekolah dasar memiliki kualitas yang masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Produk modul yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar dalam upaya meningkatkan kemampuan metakognisi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul, Metakognisi, Pengembangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:06 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |