Implementasi Model Quantum Learning pada Materi Sifat Bangun Datar Kelas V di SDN 1 Bengle Kabupaten Karawang

Ochtaviani, Tiya Eka (2023) Implementasi Model Quantum Learning pada Materi Sifat Bangun Datar Kelas V di SDN 1 Bengle Kabupaten Karawang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005326_JUDUL__230726084602.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005326_BAB_I__230726084151.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005326_BAB_II__230726084151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005326_BAB_III__230726084151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005326_BAB_IV__230726084151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005326_BAB_V__230726084151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005326_DAFTAR_PUSTAKA__230726084151.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005326_LAMPIRAN__230726084151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005326_NASKAH_PUBLIKASI__230726084151.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Model pengajaran di kelas yang dilakukan guru memiliki pengaruh terhadap ketertarikan peserta didik pada materi matematika. Salah satu model pembelajaran dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif yaitu model pembelajaran Quantum Learning. Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang dapat menstimulus siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan merekonstruksi pengetahuan yang telah dimilikinya untuk memperoleh pengetahuan yang baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Implementasi Model Quantum Learning Pada Materi Sifat Bangun Datar Kelas V Di SDN 1 Bengle Kabupaten Karawang dan Untuk mengungkap faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Implementasi Model Quantum Learning Pada Materi Sifat Bangun Datar Kelas V Di SDN 1 Bengle Kabupaten Karawang
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa . Objek penelitian yaitu fokus pada pelaksanaan Implementasi Model Quantum Learning Pada Materi Sifat Bangun Datar Kelas V Di SDN 1 Bengle Kabupaten Karawang. Pengumpulan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan interaktif model Milles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Implementasi model quantum learning pada materi matematika bangun datar meliputi beberapa kegiatan Tumbuhkan yaitu Tahapan ini merupakan langkah awal dalam menumbuhkan minat belajar siswa yang didasarkan pada manfaat dan tujuan yang ingin dicapai oleh siswa, Alami yaitu tahapan ini guru diharapkan mampu menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Namai yaitu digunakan oleh siswa dalam merekonstruksi pengetahuannya. Demosntrasikan Tahapan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam merekonstruksi sebuah konsep atau pengetahuannya.. Ulangi Pada tahap ini sebaiknya memberi contoh atau latihan kepada siswa dengan mengulang materi yang sudah diajarkan dalam proses pembelajaran. dan Rayakan yaitu Perayaan atau apresiasi kepada siswa yang memiliki menyelesaikan dan berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran dengan keterampilan dan pengetahuan mereka. Faktor pendukung meliputi tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, Sedangkan untuk faktor penghambat meliputi terbatasnya dana yang digunakan dalam menyiapkan media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Quantum Learning, Sekolah Dasar, Bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:11
Last Modified: 22 Apr 2025 02:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83042

Actions (login required)

View Item View Item