Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan

Mustikasari, Azizah Devi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005289_JUDUL__250220035723.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005289_BAB_I__250220041542.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005289_BAB_II__250220041542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005289_BAB_III__250220035723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005289_BAB_IV__250220035723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005289_BAB_V__250220035723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005289_DAFTAR_PUSTAKA__250220035723.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005289_LAMPIRAN__250220035723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005289_NASKAH__250220035723.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000005289_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250220010347.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal sehingga hasil belajar IPAS siswa lebih dari 50% belum mencapai KKM sebesar 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 siswa. Sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan Kelas IV A sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (model pembelajaran inkuiri terbimbing) dan variabel terikat (hasil belajar IPAS Kelas IV). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes (pilihan ganda dan uraian) dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil belajar ranah afektif dan psikomotor menggunakan deskriptif sedangkan hasil belajar ranah kognitif meliputi normalitas, homogenitas, hipotesis, dan analisis statistik deskriptif. Uji tahap hipotesis melalui uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar IPAS pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar observasi ranah afektif dan ranah psikomotor kelas kontrol mengalami peningkatan namun tidak signifikan sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan. Hasil ranah kognitif pada pretest kelas eksperimen sebesar 60,40 sedangkan hasil posttest sebesar 78,40 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai Asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.0003<0.05, maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar IPAS, Kelas IV.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:13
Last Modified: 22 Apr 2025 06:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83129

Actions (login required)

View Item View Item