Mustikasari, Azizah Devi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000005289_JUDUL__250220035723.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000005289_BAB_I__250220041542.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000005289_BAB_II__250220041542.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000005289_BAB_III__250220035723.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000005289_BAB_IV__250220035723.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000005289_BAB_V__250220035723.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005289_DAFTAR_PUSTAKA__250220035723.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000005289_LAMPIRAN__250220035723.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005289_NASKAH__250220035723.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000005289_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250220010347.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal sehingga hasil belajar IPAS siswa lebih dari 50% belum mencapai KKM sebesar 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 siswa. Sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan Kelas IV A sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (model pembelajaran inkuiri terbimbing) dan variabel terikat (hasil belajar IPAS Kelas IV). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes (pilihan ganda dan uraian) dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil belajar ranah afektif dan psikomotor menggunakan deskriptif sedangkan hasil belajar ranah kognitif meliputi normalitas, homogenitas, hipotesis, dan analisis statistik deskriptif. Uji tahap hipotesis melalui uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar IPAS pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar observasi ranah afektif dan ranah psikomotor kelas kontrol mengalami peningkatan namun tidak signifikan sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan. Hasil ranah kognitif pada pretest kelas eksperimen sebesar 60,40 sedangkan hasil posttest sebesar 78,40 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai Asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.0003<0.05, maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD Muhammadiyah Dadapan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar IPAS, Kelas IV. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:13 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |