Jannah, Miftahul (2025) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus Materi Penjumlahan dan Pengurangan SDLB Menggunakan Genially. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000006019_JUDUL__250227042314.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000006019_BAB_I__250227042314.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000006019_BAB_II__250227042314.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000006019_BAB_III__250227042315.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000006019_BAB_IV__250227042315.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000006019_BAB_V__250227042315.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006019_DAFTAR_PUSTAKA__250227042315.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000006019_LAMPIRAN__250227042315.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000006019_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250227042315.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Anak tunarungu memiliki keterbatasan auditori/audio, sehingga lebih mengandalkan penggunaan visual dalam kesehariannya oleh karena itu perlu adanya media yang mampu memvisualisasikan konsep atau materi matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul elektronik yang telah dikembangkan.
Pengembangan media pembelajaran ini penulis menggunakan metode R&D (Research and Development). Pada metode pengembangan ini terdapat 5 tahap yang terdiri dari Analysis (Analisis), Desain, (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).penelitian ini menggunakan desain penelitian one-shot case study. Penilaian kevalidan media modul elektronik terdiri dari ahli media dan ahli materi berisi 9 butir pernyataan materi dan 11 butir pernyataan media. Penilaian kepraktisan media modul elektronik terdiri dari penialaian praktisi dan hasil respon peserta didik berisi 11 butir pernyataan praktisi dan butir pernyataan respon peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V tunarungu SLB Negeri 02 Bantul yang berjumlah 7 orang.
Hasil validasi ahli materi yang menghasilkan rata-rata skor 4,2 dalam kategori “baik”, hasil validasi ahli media menghasilkan rata-rata skor 4,16 dalam kategori “baik”, hasil validasi praktisi menghasilkan rata-rata skor 4,38 dalam kategori “sangat baik”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul elektronik secara keseluruhan valid. Berdasarkan hasil penelitian, modul elektronik ini dinyatakan valid dan praktis. Rata-rata skor respon siswa sebesar 4,33 yang tergolong sangat baik menunjukkan bahwa modul ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | tunarungu, matematika, pengembangan, modul elektronik, anak berkebutuhan khusus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:40 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |