Saputri, Milinia Indah (2025) Profil Academic Hardiness pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900001139_JUDUL__250111024410.pdf Download (960kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900001139_BAB_I__250111024411.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900001139_BAB_II__250111024411.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900001139_BAB_III__250111024411.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900001139_BAB_IV__250111024411.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900001139_BAB_V__250111024411.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001139_DAFTAR_PUSTAKA__250111024411.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900001139_LAMPIRAN__250111024411.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1900001139_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250113100228.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pemahaman mengenai Academic Hardiness pada siswa SMP yang masih kurang memiliki motivasi belajar, kurang mempunyai keseimbangan dari emosional atau pikiran, kurang optimis dan kurang disiplin. Dari permasalahn tersebut peneliti melakukan studi pendahuluan dengan hasil keterbatasan layanan guru Bimbingan dan Konseling sehingga kurang berjalan secara optimal. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui profil Academic Hardiness pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Prambanan kelas VII,VIII dan IX.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain survei, subjek penelitian siswa kelas VII, VIII, dan IX sejumlah 357 siswa SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Instrumen yang digunakan adalah skala Academic Hardiness yang telah diuji validitas menggunakan Product Moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa tingkat ketahanan akademik siswa secara umum berada pada tingkatan rata-rata (sedang) dengan presentase 65,3%, dengan kemampuan cukup untuk menghadapi tantangan akademik, namun masih memerlukan upaya peningkatan ketahanan akademik. Dengan mayoritas siswa memiliki commitment tinggi (64,7%), challenge sedang (60,5%), dan control sedang (61,6%). Berdasarkan gender, siswa perempuan memiliki commitment lebih tinggi (69,9%), sementara siswa laki-laki lebih dominan pada challenge kategori tinggi (45,3%). Berdasarkan jenjang kelas yaitu pada kelas VII memiliki challenge sedang (61,6%), kelas VIII memiliki control sedang (63,4%) sedangkan pada kelas IX memiliki commitment tinggi (67,2%). Maka disimpulkan bahwa Academic Hardiness siswa secara umum berada pada kategori sedang, dengan kekuatan utama pada aspek commitment, tetapi memerlukan penguatan pada aspek challenge dan control
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Academic Hardiness, siswa SMP, commitment, challenge, control. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:18 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |