Perancangan UI/UX Sistem Pemesanan Beras Organik Bogowonto Menggunakan Metode Design Thinking

Waluyo, Panji Prasetyo (2025) Perancangan UI/UX Sistem Pemesanan Beras Organik Bogowonto Menggunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800018058_JUDUL__250114030958.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800018058_BAB_I__250114030348.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800018058_BAB_II__250114030348.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800018058_BAB_III__250114030348.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800018058_BAB_IV__250114030958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800018058_BAB_V__250114030348.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018058_DAFTAR_PUSTAKA__250114030348.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800018058_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250114030958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Beras Organik Bogowonto merupakan hasil produk tani non pestisida di bawah naungan PETA (Perkumpulan Tani) Purworejo, Jawa Tengah. Kurangnya pemaanfaatan teknologi internet dan wadah pemasaran hingga promosi yang minim menyebabkan penurunan jumlah demand dan kurangnya pengetahuan masyarakat akan keunggulan dan kandungan manfaat dari Beras Organik Bogowonto, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara produksi dan berpengaruh pada jumlah penjualan. Berdasarkan permasalahan tersebut memberikan maksud menciptakan website khusus sebagai wadah penyebarluasan informasi hingga sekaligus wadah penjualan yang dapat dikelola secara mandiri.

Penelitian ini berfokus pada menciptakan user interface dan user experience yang tepat guna dan tepat sasaran terhadap seluruh kalangan sosial masyarakat dan terimplementasikan ke dalam rancangan website sebagaimana fungsinya ditujukan sebagai wadah penjualan dan promosi. Jalan dari prosesnya penelitian menerapkan metode pendekatan Design Thinking dan metode pengujian User Experience Questionnaire (UEQ) yang melibatkan calon user sebagai aspek utama dalam pengembangan antarmuka.

Penelitian ini berhasil merancang tampilan antarmuka dari sistem pemesanan Beras Organik Bogowonto berbasis website. Berdasarkan hasil uji UEQ, rancangan tampilan website Beras Organik Bogowonto mendapatkan data diatas rata rata dari masing masing 6 aspek pengujian UEQ. Angka angka pengujian menghasilkan nilai Alpha dari skala konsistensi sebesar Daya Tarik (0.82), Kejelasan (0.61), Efisiensi (0.44), Ketepatan (0.65), Stimulasi (0.80), Kebaruan (0.71). Berdasarkan dari data tersebut mendapatkan kesimpulan hasil excellent pada grafik benchmark pengujian UEQ.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Beras Organik Bogowonto, Purworejo, Website, User Interface, User Experience, Design Thinking, User Experience Questionnaire (UEQ).
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:21
Last Modified: 24 Apr 2025 03:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83164

Actions (login required)

View Item View Item