Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas IX SMPN 1 Godean

Sani, Yasifa Amila (2025) Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas IX SMPN 1 Godean. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001070_JUDUL__250116102939.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001070_BAB_I__250115124149.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001070_BAB_II__250115124149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001070_BAB_III__250115124149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001070_BAB_IV__250115124149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001070_BAB_V__250115124150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001070_DAFTAR_PUSTAKA__250115124150.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000001070_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250115124150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Self Efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas atau menghadapi tantangan tertentu. Self Efficacy memegang peran penting dalam keberhasilan peserta didik. Dimana idealnya peserta didik memiliki Self Efficacy yang tinggi agar peserta didik dapat memahami kemampuan dirinya dan mampu menghadapi tantangan yang ada, namun dalam kenyataan di lapangan menunjukkan beberapa peserta didik yang menunjukkan perilaku Self Efficacy yang rendah, yaitu adanya peserta didik yang menghindari tugas yang sulit, kurangnya komitmen terhadap tujuan, membolos Pelajaran yang dirasa peserta didik sulit, dan ketidaktahuan peserta didik dengan potensi dirinya. Kondisi-kondisi yang telah di paparkan di atas tentu saja menandakan bahwa kondisi realita yang ada tidak sejalan dengan kondisi ideal. Permasalahan Self Efficacy yang rendah pada peserta didik perlu menjadi perhatian berbagai pihak termasuk dalam ranah Pendidikan, dalam hal ini guru BK menjadi fasilitator utama yang berperan untuk mengatasi Self Efficacy yang rendah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok Teknik Role Playing efektif untuk meningkatkan Self Efficacy siswa kelas IX SMP Negeri 1 Godean.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Godean dengan subjek penelitian 8 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan pengumpulan data menggunakan instrument skala Self Efficacy yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil uji validitas menggunakan SPSS 22 menyatakan bahwa 25 item dinyatakan valid, sedangkan hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0.927 yang menunjukkan bahwa skala Self Efficacy Reliabel. Penelitian ini melaksanakan uji hipotesis menggunakan Teknik Paired sample t-test di peroleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.030 < (0.05) dan dinyatakan Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing efektif dalam meningkatkan Self Efficacy siswa.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok Teknik Role Playing efektif dalam meningkatkan Self Efficacy siswa. Melalui bimbingan kelompok ini, peserta didik dapat belajar mengenai berbagai peran dalam situasi yang mirip dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu peserta didik mengatasi ketakutan dan lebih yakin terhadap kemampuan dirinya. Kemudian kerja sama dan dukungan dari teman selama sesi bimbingan kelompok juga membantu meningkatkan keyakinan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Self Efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:15
Last Modified: 24 Apr 2025 03:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83169

Actions (login required)

View Item View Item