Rizaldi, Wahyu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Motion Graphic pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pakem. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800006025_JUDUL__230314020412.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800006025_BAB_I__230314020412.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800006025_BAB_II__230314020412.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800006025_BAB_III__230314020412.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800006025_BAB_IV__230314020412.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800006025_BAB_V__230314020412.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800006025_DAFTAR_PUSTAKA__230314020412.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800006025_LAMPIRAN__230314020412.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang diperoleh dari hasil wawancara di sekolah yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan penggunaan rumus dalam bangun ruang sisi datar serta media yang tersedia belum cukup untuk membuat peserta didik lebih memahami materinya. Berdasarkan hasil tersebut diperlukan adanya media pembelajaran video motion graphic yang dapat membuat peserta didik memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video motion graphic pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Pakem.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi penelitian ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Pakem. Teknik analisis data yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Produk penelitian ini yaitu media pembelajaran video motion graphic pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata total skor oleh ahli materi yaitu 3,38 dengan kriteria baik, rata-rata total skor ahli media yaitu 3,36 dengan kriteria baik. Sementara untuk rata-rata total pada uji coba kelas kecil dan kelas besar yaitu 3,35 dan 3,32 dengan kriteria baik. Selain itu media ini juga unggul pada aspek kelayakan penyajiannya yakni pada poin kesesuaian materi serta unggul dalam membantu peserta didik dan guru sebagai sarana belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran video motion graphic pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII dikatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, Video Motion Graphic, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |