Yusriani, Nurul Rejeki (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembelajaran Permainan Tradisional melalui Alat Peraga Lomtalis Siswa Kelas 3 SD Negeri Senden 2 Mungkid. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005002_JUDUL__231205024801.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005002_BAB_I__231205024801.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005002_BAB_II__231205024801.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005002_BAB_III__231205024801.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005002_BAB_IV__231205024801.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005002_BAB_V__231205024801.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005002_DAFTAR_PUSTAKA__231205024801.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005002_LAMPIRAN__231205024801.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005002_NASKAH_PUBLIKASI__231205024801.pdf Download (379kB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada materi dan kurangnya penerapan penggunaan alat peraga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi pembelajaran permainan tradisional. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui penerapan alat peraga LOMTALIS pada materi pembelajaran permainan tradisional di kelas III SD Negeri Senden 2 Mungkid.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Suharsimi Arikunto dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan dilakukan per siklus. Objek penelitian adalah penerapan penggunaan alat peraga LOMTALIS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Senden 2. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dari prasiklus 20% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar psikomotorik beberapa siswa pada pra siklus mendapatkan persentase 52,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil penerapan alat peraga LOMTALIS diperoleh data pra siklus memperoleh hasil 65,38%. Dilanjutkan pada siklus I diperoleh hasil 75%. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 9,65%. Pada siklus II penerapan penggunaan alat peraga LOMTALIS mencapai 80,76%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kognitif, Psikomotor, LOMTALIS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |