Pengembangan Flash Card Materi Aksara Jawa Peserta Didik Kelas III SD

Devita, Garlian Indah (2023) Pengembangan Flash Card Materi Aksara Jawa Peserta Didik Kelas III SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005240_JUDUL__230210074230.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005240_BAB_I__230210074230.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005240_BAB_II__230210074230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005240_BAB_III__230210074230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005240_BAB_IV__230210074230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005240_BAB_V__230210074230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005240_DAFTAR_PUSTAKA__230210074230.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005240_LAMPIRAN__230210080054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kesulitan belajar peserta didik mempelajari bahasa Jawa khususnya materi aksara Jawa, minimnya antusias peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jawa pada materi aksara Jawa, dan keterbatasan media pendukung dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa diharapkan mampu mengangkat nilai adiluhung yang ada dalam tatanan kehidupan Jawa. Media pembelajaran menjadi salah satu unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Guru perlu mengembangkan media pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi, dan menantang peserta didik untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan langkah-langkah pengembangan media Flash Card pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa kelas III SD. Mengetahui kualitas media Flash Card pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa kelas III SD. Mengetahui kelayakan media Flash Card pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa kelas III SD.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang terdiri dari
7 langkah pelaksanaan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan di SD N 1 Kutosari dengan jumlah 5 peserta didik. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa kritik dan saran dari ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa, guru, dan peserta didik. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasil penilaian ahli, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk mendeskripsikan komentar dan saran yang diperoleh dari para ahli, respon guru dan respon peserta didik. Teknik analisis Kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk dari hasil penilaian para ahli, respon guru dan respon peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Penilaian dari ahli media diperoleh nilai 65 dengan kategori “Baik”, ahli materi 91 dengan kategori “Sangat Baik”, ahli pembelajaran 86 dengan kategori “Sangat Baik”, ahli bahasa 91 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian respon guru 86 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian respon peserta didik 96 dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian yang diperoleh menunjukkan bahwa media Flash Card untuk pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa kelas III SD berkualitas dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media Pembelajaran, Flash Card, aksara Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:19
Last Modified: 29 Apr 2025 02:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83270

Actions (login required)

View Item View Item