Pengembangan E-Modul Pembelajaran SBDP Materi Motif Batik untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Asriani, Galuh Meilyn (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran SBDP Materi Motif Batik untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005269_JUDUL__230325063848.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005269_BAB_I__230325063848.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005269_BAB_II__230325063848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005269_BAB_III__230325063848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005269_BAB_IV__230325063848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005269_BAB_V__230325063848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005269_DAFTAR_PUSTAKA__230325063848.pdf

Download (324kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan peserta didik masih terbatas pada buku paket. Belum pernah dikembangkan bahan ajar berbasis elektronik seperti E-Modul untuk pembelajaran mandiri. Kurangnya pemanfatan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah, kualitas, respon guru dan peserta didik
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Adapun data kualitatif diperoleh dari validasi ahli, penilaian guru dan respon peserta didik.
Data yang diperoleh dari penelitian pengembangan sebagai berikut. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 85 dengan kategori “Sangat baik”. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 78 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai 80 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai 87 dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian yang diperoleh menunjukkan bahwa E-Modul pada pembelajaran SBdP materi motif batik berkualitas dan layak digunakan. Selain dilakukan penilaian oleh para ahli, E-Modul juga dilakukan uji coba terbatas untuk diambil data penilaian oleh guru dan respon peserta didik. Hasil penilaian guru diperoleh nilai 85,7 dengan kategori “Sangat baik”. Hasil respon peserta didik diperoleh nilai 83,6 dengan kategori “Sangat Baik”. Kemudian setelah diakumulasikan nilai diambil rata dari validasi ahli materi, pembelajaran, media, bahasa, penilaian guru dan respon peserta didik diperoleh nilai 83,93 dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan E-Modul pembelajaran SBdP materi motif batik untuk peserta didik kelas V sekolah dasar masuk ke dalam kategori “Sangat Baik” digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-Modul, SBdP, Motif Batik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Apr 2025 01:36
Last Modified: 29 Apr 2025 01:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83273

Actions (login required)

View Item View Item