Febiola, Helena (2024) Konsep Etika Peserta Didik Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Relenvasi dengan Pendidikan Karakter. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031376_JUDUL__240925080036.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031376_BAB_I__240925110937.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031376_BAB_II__240925102315.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031376_BAB_III__240925080036.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031376_BAB_IV__240925080037.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031376_BAB_V__240925080037.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031376_DAFTAR_PUSTAKA__240925080037.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031376_LAMPIRAN__240925080037.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya perilaku-perilaku
yang kurang terpuji di kalangan peserta didik seperti bicara kotor,
pergaulan bebas, maraknya kekerasan antar peserta didik dan kejahatan
terhadap sesama peserta didik, yang menunjukkan bahwa pendidikan
telah mengalami penurunan kualitasnya yang melahirkan generasi
penerus yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan Untuk: (1) me
l
nge
l
tahui
l
dan menganalisis e
l
ti
l
ka pe
l
se
l
rta
di
l
di
l
k me
l
nurut KH. Hasyi
l
m Asy’ari
l
dalam ki
l
tab Adabul Al-alim
l
Wal AlMuta’lli
m
l
.(2) Untuk me
l
nge
t
l
ahui
l
dan menganalisi rele
l
l
vansi
l
eti
l
l
ka pese
r
l
l ta
di
l
di
l
k me
l
nurut KH.Hasyi
l
m Asy’ari
l
dalam ki
l
tab Adabul Al-ali
m
l
Wal AlMuta’lli
m
l
ter
l
hadap pend
i
l
dikan karakter
.l
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan
dengan teknis analisis konten serta yang penulis lakukan terhadap
sumber data primer yaitu terjemahan buku "Adabul Alim Wal
Muta'allim" oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari. sedangkan
sumber sekunder dalam penelitian ini adalah skripsi, jurnal, artikel, dan
lain-lain yang sesuai dengan penelitian ini. Beberapa data tersebut,
kemudian dianalisis guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada ada 4 aspek etika peserta
didik yaitu (1) Etika seorang murid terhadap dirinya sendiri, (2) Etika
seorang murid terhadap Guru, (3) Etika seorang murid terhadap
Pelajaran, (4) Etika seorang murid terhadap kitab, Adapun nilai-nilai
yang relavan dengan pendidikan karakter di dalam terjemahan kitab
tersebut adalah 7 karakter yaitu 1. Religius, 2. Toleransi, 3. Kerja keras,
5. Tanggungjawab, 5. Sabar, 6. Patuh Sikap, 7. Sopan santun
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Etika peserta didik, K.H Hasyim Asy’ari, dan pendidikan karakter, nilai-nilai |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:10 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |