Pengembangan E-LKM Berbasis PBL dalam Materi Persamaan Kuadrat Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD UAD

Wahyuni, Nur (2024) Pengembangan E-LKM Berbasis PBL dalam Materi Persamaan Kuadrat Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD UAD. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2341050006_JUDUL__240925122006.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2341050006_BAB_I__240925122006.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2341050006_BAB_II__240925122006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2341050006_BAB_III__240925122006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2341050006_BAB_IV__240925122006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2341050006_BAB_V__240925122006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2341050006_DAFTAR_PUSTAKA__240925122007.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2341050006_LAMPIRAN__240925122007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 Indonesia menghadapi tantangan dalam bidang pendidikan terutama di pendidikan tinggi untuk memanfaatkan teknologi digital di mana salah satu solusinya adalah kesiapan sarana dan prasarana pendidikan. Berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Selain itu, implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih rendah. Salah satu desain pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis adalah penggunaan E-LKM berbasis problem based learning pada materi persamaan kuadrat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKM berbasis problem based learning yang terintegrasi kemampuan berpikir kritis pada materi persamaan kuadrat yang valid, praktis dan efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon mahasiswa, dan soal tes untuk mengukur ketercapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil dari penelitian ini, E-LKM dinyatakan valid dari segi media dan materi. Menurut hasil validasi dari ahli media, E-LKM ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 98 dengan kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan dari validasi ahli materi, E-LKM ini menapatkan skor rata-rata 128,5 dengan kategori “Baik”. Selain itu, dalam kelompok kecil dan kelompok besar menganggap bahwa E-LKM ini praktis dengan skor rata-rata masing-masing 84 dan 74,1 dengan kriteria “Sangat Baik”. Pengukuran keefektifan dari E-LKM ini dilakukan dengan melakukan uji posttest untuk mengukur kemampuan berpikir krtis mahasiswa. Berdasarkan hasil uji posttest, diperoleh presentase ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 100%. Dengan kata lain, E-LKM yang dikembangkan efektif untuk digunakan untuk mencapai kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: E-LKM, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Persamaan Kuadrat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 30 Apr 2025 01:35
Last Modified: 30 Apr 2025 01:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83306

Actions (login required)

View Item View Item