Wahyuni, Nur (2024) Pengembangan E-LKM Berbasis PBL dalam Materi Persamaan Kuadrat Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD UAD. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T2_2341050006_JUDUL__240925122006.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T2_2341050006_BAB_I__240925122006.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T2_2341050006_BAB_II__240925122006.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T2_2341050006_BAB_III__240925122006.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T2_2341050006_BAB_IV__240925122006.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T2_2341050006_BAB_V__240925122006.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T2_2341050006_DAFTAR_PUSTAKA__240925122007.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T2_2341050006_LAMPIRAN__240925122007.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Pada era revolusi industri 4.0 Indonesia menghadapi tantangan dalam bidang pendidikan terutama di pendidikan tinggi untuk memanfaatkan teknologi digital di mana salah satu solusinya adalah kesiapan sarana dan prasarana pendidikan. Berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Selain itu, implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih rendah. Salah satu desain pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis adalah penggunaan E-LKM berbasis problem based learning pada materi persamaan kuadrat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKM berbasis problem based learning yang terintegrasi kemampuan berpikir kritis pada materi persamaan kuadrat yang valid, praktis dan efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon mahasiswa, dan soal tes untuk mengukur ketercapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil dari penelitian ini, E-LKM dinyatakan valid dari segi media dan materi. Menurut hasil validasi dari ahli media, E-LKM ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 98 dengan kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan dari validasi ahli materi, E-LKM ini menapatkan skor rata-rata 128,5 dengan kategori “Baik”. Selain itu, dalam kelompok kecil dan kelompok besar menganggap bahwa E-LKM ini praktis dengan skor rata-rata masing-masing 84 dan 74,1 dengan kriteria “Sangat Baik”. Pengukuran keefektifan dari E-LKM ini dilakukan dengan melakukan uji posttest untuk mengukur kemampuan berpikir krtis mahasiswa. Berdasarkan hasil uji posttest, diperoleh presentase ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 100%. Dengan kata lain, E-LKM yang dikembangkan efektif untuk digunakan untuk mencapai kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | E-LKM, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Persamaan Kuadrat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |