Kurniati, Ilmi (2024) Peran Guru Kelas IV dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Balirejo Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005131_JUDUL__240925012938.pdf Download (939kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005131_BAB_I__240925012938.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005131_BAB_II__240925012938.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005131_BAB_III__240925012938.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005131_BAB_IV__240925012938.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005131_BAB_V__240925012938.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005131_DAFTAR_PUSTAKA__240925012938.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005131_LAMPIRAN__240925012938.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih maraknya kasus bullying yang terjadi di sekolah dasar dan SD Negeri Balirejo memiliki beberapa program yang bertujuan untuk mengatasinya, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying, mengetahui proses terjadinya bullying, dan peran guru kelas IV dalam mengatasi perilaku bullying pada peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV serta peserta didik kelas IV dengan fokus penelitian adalah peran guru kelas IV dalam mengatasi perilaku bullying pada peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu perilaku bullying pada peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bullying yang terjadi pada peserta didik kelas IV SD Negeri Balirejo Yogyakarta yaitu bullying verbal, bullying non verbal, dan bullying relasional. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di kelas IV yaitu berdasarkan jenisnya: pertama, sebagai penasihat; memberikan nasihat kepada peserta didik bahwa kekerasan dalam bentuk apapun itu tidak baik dan manusiawi. Saling menyayangi antar sesama teman. Kedua, sebagai model dan teladan: menyisipkan arahan tentang bagaimana sikap dan perilaku yang baik serta saling menghormati antar sesama teman. Menjaga sikap dan tingkah laku sebagai model bagi para peserta didik untuk dicontohi. Guru juga mengajarkan kepada peserta didik untuk melaporkan kepada orang dewasa, jika adanya kejadian bullying di lingkungan sekolah. Ketiga, sebagai fasilisator: menaruh perhatian ke peserta didik, seperti selalu mendengarkan omangannya, apresiasi kelebihannya dan memberikan arahan untuk kekurangannya, bertanggung jawab untuk menyelesaikan kasus yang terjadi dengan menjadi jembatan antar pelaku dan korban.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | peran guru, perilaku bullying, peserta didik, sekolah dasar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |