Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sisiwa Kelas IV SD N Gotakan

Suci, Siti Nurwita Sekar (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sisiwa Kelas IV SD N Gotakan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005326_JUDUL__230323045814.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005326_BAB_I__230323045814.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005326_BAB_II__230323045814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005326_BAB_III__230323045814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005326_BAB_IV__230323045814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005326_BAB_V__230323045814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005326_DAFTAR_PUSTAKA__230323045814.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005326_LAMPIRAN__230323045814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy

Abstract

Guru berperan penting dalam menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa dengan selalu memberikan semangat dan dorongan secara aktif kepada siswa di dalam kelas selama proses belajar mengajar atau pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dan faktor pendukung serta penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan survei. Objek penelitian adalah Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa
Kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan perannya dengan baik. Peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa yaitu peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai fasilitator, dan peran guru sebagai motivator. Faktor pendukung peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika antara lain adalah sarana prasarana, kesadaran siswa, serta dukungan dari warga sekolah dan orang tua siswa. Faktor penghambat peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Matematika antara lain adalah perilaku siswa yang kurang disiplin serta motivasi belajar siswa yang belum tumbuh.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Peran guru, Motivasi, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 May 2025 02:16
Last Modified: 02 May 2025 02:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83311

Actions (login required)

View Item View Item