Utaminingsih, Iffah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTS. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600006072_JUDUL__230324122005.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600006072_BAB_I__230324122005.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600006072_BAB_II__230324122005.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600006072_BAB_III__230324122005.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600006072_BAB_IV__230324122005.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600006072_BAB_V__230324122006.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600006072_DAFTAR_PUSTAKA__230324122006.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600006072_LAMPIRAN__230324122006.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran selama pandemi berubah dari tatap muka menjadi daring. Namun belum ada media pembelajaran yang mendukung terlebih pada materi himpunan agar peserta didik lebih mudah memahami materi di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi himpunan dan mengetahui kelayakan media pembeajaran tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 yang dapat membantu peserta didik untuk tetap bisa melakukan proses pembelajaran baik luring maupun daring. Articulate storyline 3 memiliki fitur teks, animasi, audio, video, dan tombol interaktif yang mudah dioperasikan dengan hasil akhir berupa file berbentuk .apk. Pengembangan ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian ini menggunakan angket penilaian ahli materi dan ahli media. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan melibatkan data kuantitatif dan perhitungan sederhana. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran ini mendapat skor 124 dari ahli materi dengan kriteria sangat baik dan skor 101 dari ahli media dengan kriteria sangat baik. Uji coba dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terhadap 24 peserta didik kelas VIII C dengan skor respon peserta didik 61,54 kriteria baik. Media dikatakan layak digunakan jika penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik minimal berada dikategori baik. Maka, penelitian yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, articulate storyline, himpunan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:21 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |