Asdiyanti, Roro Ayu Putri (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri Tembongraja 1 Brebes. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005363_JUDUL__230831120935.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005363_BAB_I__230831120935.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005363_BAB_II__230831120935.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005363_BAB_III__230831120935.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005363_BAB_IV__230831120935.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005363_BAB_V__230831120935.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005363_DAFTAR_PUSTAKA__230831120935.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005363_LAMPIRAN__230831120935.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh Media Montessori terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media montessori dalam proses belajar mengajar dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika khususnya pada materi perkalian kelas II. Selama pembelajaran perkalian yang dilaksanakan masih bersifat menghafal, yang berimbas pada pemahaman konsep dan juga hasil belajar siswa. Siswa belum secara tuntas menguasai materi yang disampiakan guru sehingga belum diperoleh hasil belajar yang maksimal pada materi perkalian kelas II SDN Tembongraja 1.
Jenis penelitian ini kuantittif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen (Quasi Experimental) dengan desain penelitian yang digunakan bentuk pretest-postest model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tembongraja 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas II SDN Gunungtajem sebagai kelas kontrol. Sampel yang diambil untuk mewakili populasi menggunakan teknik non probability sampling dan sampel yang diambil berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa soal tes uraian.
Berdasarkah hasil postest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Rata-rata hasil postest kelas eksperimen yaitu 83,53 lebih tinggi dibandingkan hasil postest kelas kontrol yaitu 81,79. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas didapatkan hasil belajar yang lebih besar dari α = 0,05 yaitu 0,898 dan 0,234 sehingga data hasil belajar kelas eksperimen berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sampel test menunjukan nilai sig(2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka Hᴏ ditolak dan H₁ diterima. Maka dapat disimpulkan penggunaan media montessori dapat memberi pengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas II di SD Negeri Tembongraja 1
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Montessori, Hasil Belajar, Matematika Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:54 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |