Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Tiktok dan Instagram Tema Religius untuk Mengembangkan Identitas Diri di SMK Muhammadiyah 1 Sleman

Kurniawati, Septi (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Tiktok dan Instagram Tema Religius untuk Mengembangkan Identitas Diri di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001169_JUDUL__231212101205.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001169_BAB_I__231212101205.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001169_BAB_II__231212101205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001169_BAB_III__231212101205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001169_BAB_IV__231212101205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001169_BAB_V__231212101205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001169_DAFTAR_PUSTAKA__231212101205.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001169_LAMPIRAN__231212101251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena identitas diri karena adanya faktor dari keluarga, teman sebaya, sosial media dan sifat individu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Identitas Diri siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Sleman
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengembangan Identitas Diri pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian data yang digunakan adalah lembar angket atau kuisioner dengan model skala likert 1-4. Metode analisis data yaitu metode paired sample T-test.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) pengujian instrumen kepada kelas ujicoba sebanyak 26 item pernyataan, kemudian peneliti melakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Setelah diketahui jumlah validitas dan reliabilitasnya, ada 22 instrumen yang valid dan 4 instrumen yang tidak valid. Instrumen yang sudah valid, kemudian diujikan kembali kepada kelas eksperimen yaitu XII Multimedia 1 dan XII Multimedia 2 untuk dijadikan sebagai pre test dan sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok. Sebelum layanan dilakukan, siswa kelas XII Multimedia 1 dan XII Multimedia 2, diberikan pretest sebanyak 41 siswa. (2) Hasil Pretest dan postest pada kelas Eksperimen 0,02.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Identitas Diri, Remaja, Tiktok dan Instagram Tema Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 May 2025 08:30
Last Modified: 03 May 2025 08:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83347

Actions (login required)

View Item View Item