Nabila, Hurin (2023) Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900001123_JUDUL__231212102710.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900001123_BAB_I__231212102710.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900001123_BAB_II__231212102710.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900001123_BAB_III__231212102710.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900001123_BAB_IV__231212102710.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900001123_BAB_V__231212102710.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001123_DAFTAR_PUSTAKA__231212102710.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900001123_LAMPIRAN__231212102710.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku asertif adalah kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dengan jujur tanpa menghina dan melukai perasaan orang lain. Perilaku asertif sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan siswa SMP. Masa-masa SMP tergolong pada masa remaja dan masa ini merupakan masa yang cukup kompleks. Remaja memiliki kebutuhan kuat untuk disukai dan diterima oleh teman sebaya. Seringkali remaja akan melakukan segala cara untuk dapat diakui oleh lingkar pertemanan sebaya. Sehingga hal ini dapat menyebabkan remaja memiliki tingkat perilaku asertif yang rendah. Salah satu cara untuk menangani perilaku asertif siswa yang rendah yaitu dengan menggunakan layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design dengan model one group pretest-posttest design. Penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan model simple random sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta. Adapun jumlah sampel yang diambil berjumlah 10 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif yang telah teruji validitasnya menggunakan korelasi product moment dan teruji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisa data pada penelitian ini diawali dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan dilanjutkan dengan uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,001 (< 0,05). Dengan arti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan arti terdapat perbedaan skor antara pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perilaku Asertif, Teknik Psikodrama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 May 2025 04:02 |
Last Modified: | 02 May 2025 04:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |