Pengaruh Pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Pembelajaran Matematika Siswa SD

Wibowo, Nabiila Salwanisa (2024) Pengaruh Pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Pembelajaran Matematika Siswa SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005089_JUDUL__240716094014.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005089_BAB_I__240716094014.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005089_BAB_II__240716094014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005089_BAB_III__240716094014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005089_BAB_IV__240716094014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005089_BAB_V__240716094014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005089_DAFTAR_PUSTAKA__240716094014.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005089_LAMPIRAN__240716094014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada pembelajaran yang ideal, guru akan bertindak sebagai fasilitator serta
membantu siswa memahami materi pelajaran sehingga siswa dapat
mengembangkan kemampuan pemahaman matematisnya. Melalui kemampuan ini,
siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematis menggunakan konsep yang
telah dipelajari. Namun, terdapat permasalahan pemahaman matematika untuk
siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pandeyan. Didapatkan bahwa pemahaman
matematis siswa masih tergolong cukup rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pendekatan TaRL terhadap kemampuan pemahaman
matematis siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pandeyan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Pre-Experimental
Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini
menggunakan seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pandeyan. Sampel
diambil menggunakan teknik sampel jenuh yakni menggunakan seluruh anggota
populasi yang berjumlah 15 orang. Pengambilan data menggunakan soal pretest
dan posttest berupa uraian yang masing-masing berjumlah 10 soal. Analisis data
menggunakan bantuan aplikasi SPSS v26.0 untuk menghitung analisis statistik
deskriptif, uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, dan uji hipotesis
menggunakan Uji Paired Sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan TaRL dimulai
dengan memberikan asesmen diagnostik sebelum memulai pembelajaran,
kemudian pretest, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan TaRL, dan diakhiri
dengan posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian, nilai signifikansi (Sig)
menunjukkan hasil 0,000 dan nilai thitung (-11,357) < ttabel (2,131) yang memiliki arti
Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, menurut hasil penelitian perolehan nilai ratarata posttest lebih tinggi daripada nilai pretest yaitu 76,66 dan 53,86 dengan skor
maksimal 90, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh
pembelajaran menggunakan pendekatan TaRL terhadap kemampuan pemahaman
matematis siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pandeyan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan Pemahaman Matematis, Pembelajaran Matematika, Pendekatan TaRL, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 May 2025 03:04
Last Modified: 05 May 2025 03:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83377

Actions (login required)

View Item View Item