Setyarini, Ema Dwi (2024) Pendekatan Behaviorisme dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Pembentukan Sikap Positif Kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000009011_JUDUL__240716110325.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000009011_BAB_I__240716110325.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000009011_BAB_II__240716110325.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000009011_BAB_III__240716110325.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000009011_BAB_IV__240716110325.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000009011_BAB_V__240716110325.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000009011_DAFTAR_PUSTAKA__240716110325.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000009011_LAMPIRAN__240716110325.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendekatan behaviorisme dalam pendidikan menekankan pada perubahan perilaku yag dapat diamati dan diukur melalui penggunaan penguatan sikap positif dan negatif untuk membentuk dan mengarahkan tingkah laku peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Pancasila dalam membentuk perilaku positif peserta didik dan hasil penerapan strategi behaviorisme guru Pendidikan Pancasila dalam pembentukan sikap positif peserta didik.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitiannya yaitu pendekatan behaviorisme dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk pembentukan sikap positif kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru Pendidikan Pancasila dalam membentuk perilaku positif dengan menerapkan apersepsi untuk pengkondisian anak sebelum pembelajaran, misalnya guru Pendidikan Pancasila mengajarkan untuk memakai sepatu dan mempersiapkan buku saat pembelajaran dimulai. Terdapat perilaku baik siswa di kelas VII seperti sebelum pembelajaran kelas bersih, siswa aktif bertanya, saling membantu siswa lainnya dan perilaku kurang baik siswa tidak memakai sepatu, berbicara sendiri saat pelajaran, dan tidak membawa buku tulis dan buku paket materi Pendidikan Pancasila. Strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Pancasila dalam menangani perilaku peserta didik didalam kelas menggunakan strategi behaviorisme yang menekankan pada stimulus dan respon yang diamati dalam pembentukan perilaku siswa. Guru Pendidikan Pancasila berkontribusi dengan guru yang lain untuk menangani dan mengatasi perilaku peserta didik karena semua guru di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah tim jadi melibatkan beberapa pihak untuk menyelesaikan masalah. 2) Penerapan strategi behaviorisme yang digunakan oleh guru Pendidikan Pancasila dengan menegur dan memberikan sanksi nilai. Guru Pendidikan Pancasila mengajarkan kepada peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dengan tujuan bisa mengubah perilaku menjadi lebih baik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi, Perilaku, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:08 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |