Wibowo, Andika Wisnu (2024) Manajemen Pembelajaran Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005306_JUDUL__241223011344.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005306_BAB_I__241223011344.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005306_BAB_II__241223011344.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005306_BAB_III__241223011344.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005306_BAB_IV__241223011344.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005306_BAB_V__241223011344.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005306_DAFTAR_PUSTAKA__241223011344.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005306_LAMPIRAN__241223011344.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005306_NASKAH__241223011344.pdf Download (593kB) |
Abstract
Manajemen pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang penting untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah dasar, khususnya di SD Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Pembelajaran diferensiasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan gaya, minat, dan kebutuhan masing-masing, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Namun, dalam praktiknya, masih terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti kurangnya pemahaman guru tentang konsep pembelajaran diferensiasi dan keterbatasan sumber daya yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran diferensiasi dan faktor-faktor pendukung serta penghambat yang mempengaruhi efektivitas penerapannya di sekolah tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik triangulasi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, guru kelas II, dan lima peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Prambanan. Analisis data dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai praktik pembelajaran diferensiasi yang diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran diferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Prambanan telah terlaksana. Guru berupaya menyesuaikan metode dan materi pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar individu peserta didik. Meskipun demikian, terdapat sejumlah faktor penghambat yang memengaruhi penerapan pembelajaran diferensiasi, termasuk keterbatasan waktu bagi guru untuk menyiapkan materi, pemahaman yang belum sepenuhnya mendalam mengenai konsep pembelajaran diferensiasi, serta minimnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, beban kerja guru yang tinggi berdampak pada efektivitas pengelolaan kelas dan interaksi dengan peserta didik. Di sisi lain, faktor pendukung seperti dukungan dari kepala sekolah, pelatihan bagi guru, serta kolaborasi antara orang tua dan sekolah berperan positif dalam mendukung implementasi pembelajaran yang lebih fleksibel dan adaptif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran Diferensiasi, Kurikulum Merdeka, Manajemen Pembelajaran, Pelatihan Guru, Pendidikan Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 09 May 2025 01:42 |
Last Modified: | 09 May 2025 01:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |