Manajemen Pembelajaran Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Prambanan

Wibowo, Andika Wisnu (2024) Manajemen Pembelajaran Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005306_JUDUL__241223011344.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005306_BAB_I__241223011344.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005306_BAB_II__241223011344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005306_BAB_III__241223011344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005306_BAB_IV__241223011344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005306_BAB_V__241223011344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005306_DAFTAR_PUSTAKA__241223011344.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005306_LAMPIRAN__241223011344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005306_NASKAH__241223011344.pdf

Download (593kB)

Abstract

Manajemen pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang penting untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah dasar, khususnya di SD Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Pembelajaran diferensiasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan gaya, minat, dan kebutuhan masing-masing, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Namun, dalam praktiknya, masih terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti kurangnya pemahaman guru tentang konsep pembelajaran diferensiasi dan keterbatasan sumber daya yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran diferensiasi dan faktor-faktor pendukung serta penghambat yang mempengaruhi efektivitas penerapannya di sekolah tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik triangulasi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, guru kelas II, dan lima peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Prambanan. Analisis data dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai praktik pembelajaran diferensiasi yang diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran diferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Prambanan telah terlaksana. Guru berupaya menyesuaikan metode dan materi pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar individu peserta didik. Meskipun demikian, terdapat sejumlah faktor penghambat yang memengaruhi penerapan pembelajaran diferensiasi, termasuk keterbatasan waktu bagi guru untuk menyiapkan materi, pemahaman yang belum sepenuhnya mendalam mengenai konsep pembelajaran diferensiasi, serta minimnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, beban kerja guru yang tinggi berdampak pada efektivitas pengelolaan kelas dan interaksi dengan peserta didik. Di sisi lain, faktor pendukung seperti dukungan dari kepala sekolah, pelatihan bagi guru, serta kolaborasi antara orang tua dan sekolah berperan positif dalam mendukung implementasi pembelajaran yang lebih fleksibel dan adaptif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembelajaran Diferensiasi, Kurikulum Merdeka, Manajemen Pembelajaran, Pelatihan Guru, Pendidikan Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 May 2025 01:42
Last Modified: 09 May 2025 01:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83421

Actions (login required)

View Item View Item