Putri, Stima Anggita (2023) Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM pada Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600005325_JUDUL__230624024714.pdf Download (968kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600005325_BAB_I__230624024714.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600005325_BAB_II__230624024714.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600005325_BAB_III__230624024714.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600005325_BAB_IV__230624024714.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600005325_BAB_V__230624024714.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005325_DAFTAR_PUSTAKA__230624024714.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600005325_LAMPIRAN__230624024714.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005325_NASKAH_PUBLIKASI__230624024714.pdf Download (371kB) |
Abstract
Putri, Stima Anggita. 2023. Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Sekolah Dasar. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum2013 serta dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari ialah STEM. Sulitnya penerapan model pembelajaran STEM dapat dimaksimalkan melalui penggunaan media pembelajaran berupa komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan serta kualitas media Komik Digital berbasis STEM pada pembelajaran tematik kelas IV pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 1.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development ( RnD) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas IV sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Media ini dilakukan uji kualitas oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran serta praktisi pembelajaran.
Hasil penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prosedur model ADDIE melalui tiga tahapan, antara lain tahap analisis (analysis), desain (design), serta pengembangan (development). Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi ialah 92 dengan kategori “baik sekali”, validasi ahli media ialah 89 dengan kategori “baik sekali”, dan validasi ahli materi ialah 86 dengan kategori “baik sekali”. validasi guru ialah 95 dengan kategori “baik sekali”. Total perolehan nilai hasil validasi adalah 362 dengan nilai rata-rata 90,5. Hasil nilai tersebut menunjukkan bahwa media Komik Digital berbasis STEM termasuk dalam kategori baik sekali dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media Pembelajaran, Komik Digital, STEM, Pembelajaran Tematik, Kelas IV Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 09 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 09 May 2025 02:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |