Widyawati, Anindita Hapsari (2024) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa di MTS Muhammadiyah Karangkajen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000001180_JUDUL__241106040457.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000001180_BAB_I__241106040457.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000001180_BAB_II__241106040457.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000001180_BAB_III__241106040457.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000001180_BAB_IV__241106040457.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000001180_BAB_V__241106040457.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001180_DAFTAR_PUSTAKA__241106040457.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000001180_LAMPIRAN__241106040457.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kedisiplinan belajar merupakan hal yang penting dalam proses belajar dan mengajar di sekolah. Tanpa kedisiplinan, siswa tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Kedisiplinan membantu siswa untuk menumbuhkan kepercayaan serta kontrol diri yang baik. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran kedisiplinan belajar seperti terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan tugas, membolos pada saat jam pelajaran berlangsung, berbicara di kelas saat guru sedang menjelaskan pelajaran, mengerjakan PR di kelas, tidur di kelas pada saat jam pelajaran. Maka diperlukan tindakan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, salah satunya dengan memberikan layanan konseling kelompok teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Muhammadiyah Karangkajen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental dengan menggunakan model One Group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 90 orang siswa kelas IX (C,D,E,F) yang dikategorikan memiliki kedisiplinan belajar rendah. Kemudian diambil 6 sampel dengan kategori kedisiplinan belajar rendah berdasarkan hasil pretest. Pelaksanaan treatment dilakukan 6 kali pertemuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kedisiplinan belajar dengan bentuk skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil uji validitasnya yaitu dari 38 item pernyataan, terdapat 6 item pernyataan yang gugur dan terdapat 32 item yang valid. Adapun hasil uji reliabilitas Alpha Cronbach dihasilkan nilai sebesar 0,897 yang menunjukkan bahwa skala tersebut reliabel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test karena data berdistribusi normal.
Dari Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor Mean (rata-rata) pre-test sebelum diberikan treatment 52 dan Mean (rata-rata) post-test setelah diberikan treatment 98. Setelah itu diperoleh t hitung dengan sig 0,00 < 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolak, dengan demikian kedisiplinan belajar siswa meningkat setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-management. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Konseling kelompok, Self-management, kedisiplinan belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 09 May 2025 02:02 |
Last Modified: | 09 May 2025 02:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |