Nusaibah, Afaf Wafiqoh (2023) Pengaruh Perkuliahan Blended Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Angkatan 2020. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031053_JUDUL__230221092827.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031053_BAB_I__230221092827.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031053_BAB_II__230221092827.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031053_BAB_III__230221092827.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031053_BAB_IV__230221092827.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031053_BAB_V__230221092827.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031053_DAFTAR_PUSTAKA__230221092827.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031053_LAMPIRAN__230221092827.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Afaf Wafiqoh Nusaibah (1900031053), Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi salah satu faktor munculnya motivasi belajar mahasiswa berasal dari model perkuliahan yang ada. Model perkuliahan yang diterapkan setelah pandemi ini yaitu perkuliahan online dan perkuliahan blended learning. Untuk mengukur ada tidaknya pengaruh model perkuliahan pada motivasi belajar peneliti melakukan penelitian dari salah satu modelnya yaitu perkuliahan blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh antara perkuliahan blended learning terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional dan regresi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Angkatan 2020 dengan mengambil sampel sebanyak 153 mahasiswa dari total populasi sebanyak 247 mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Angkatan 2020. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kaidah Slovin dengan teknik simple random sampling. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah perkuliahan blended learning, sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi oleh data SPSS dan Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,00, dimana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari α 0,05 pada taraf kepercayaan 95% sehingga terdapat variabel X yaitu berupa pembelajaran secara tatap muka serta pembelajaran secara online, pembelajaran mandiri, kolaborasi, pengukuran hasil belajar, dukungan bahan belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Selanjutnya presentase pengaruh perkulihan blended learning terhadap motivasi belajar, yang diperoleh berupa R Square sebesar 0,535 dapat diartikan perkuliahan blended learning berkontribusi sebesar 53,5�lam meningkatkan motivasi belajar, sedangkan kontribusi variabel lainnya yaitu sebesar 46,5% tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya koefisien regresi linear sederhana yang terbentuk Y = 12,878 + 1,055x pengujian hipotesis uji thitung pada penelitian ini menunjukan angka 4,080 adapun ttabel menghasilkan nilai 1,976 sehingga thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (4,080 > 1,976). Dapat ditarik kesimpulan perkuliahan blended learning berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perkuliahan, Blended Learning, Motivasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:02 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |