Pengembangan Media Ular Tangga Keragaman Budaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD

Putri, Amanda Prisilia (2024) Pengembangan Media Ular Tangga Keragaman Budaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005157_JUDUL__240926021813.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005157_BAB_I__240926021813.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005157_BAB_II__240926021813.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005157_BAB_III__240926021813.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005157_BAB_IV__240926021813.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005157_BAB_V__240926021813.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005157_DAFTAR_PUSTAKA__240926021813.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005157_LAMPIRAN__240926021813.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005157_NASKAH_PUBLIKASI__240926021813.pdf

Download (163kB)

Abstract

Keragaman budaya merupakan ciri khas berupa keunikan, warisan dari
nenek moyang dan karya manusia dalam kehidupan Masyarakat yang sudah
diterapkan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan. Namun, kemampuan berpikir
kritis peserta didik terkait materi keragaman budaya masih rendah, salah satunya
karena kurangnya media ajar tambahan untuk mengajarkan materi tersebut. Salah
satu upaya yang dapat dilakukan yaitu adanya pengembangan media ajar yang
sesuai dengan karakteristik dan lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media ular tangga. (2)
Menganalisis kelayakan media ular tangga. (3) Menganalisis efektivitas media ular
tangga keragaman budaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara,
observasi, angket, serta tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media ular tangga keragaman
budaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah
dasar menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan, yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Kelayakan media dilihat dari hasil
validasi ahli, penilaian guru, dan respon peserta didik. Validasi penilaian ahli media
90 dengan kategori sangat baik, penilaian ahli materi dengan kategori 76 baik, dan
penilaian ahli pembelajaran 78 dengan kategori baik. Penilaian guru memperoleh
nilai 90 dengan kategori sangat baik, dan respon peserta didik memperoleh nilai 92
dengan kategori sangat baik. (3) Efektivitas media ular tangga keragaman budaya
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar
menunjukkan nilai rata-rata pre-test 41,85 dan post-test 83,38. Berdasarkan hasil
uji T, nilai signifikansi adalah 0.000 lebih kecil dari <0,05 artinya Ho ditolak dan
H1 diterima serta menunjukan adanya perbedaan yang signifikansi antar pre-test
dan post-test. Dengan demikian, media ular tangga keragaman budaya merupakan
sumber belajar yang layak serta efektif digunakan dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis pembelajaran IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Berpikir Kritis, Keragaman Budaya, Media Pembelajaran, Ular Tangga.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:07
Last Modified: 14 May 2025 07:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83525

Actions (login required)

View Item View Item