Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Negeri Bojongsoban

Nurahma, Tiara (2024) Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Negeri Bojongsoban. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005350_JUDUL__240926031434.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005350_BAB_I__240926031434.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005350_BAB_II__240926031434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005350_BAB_III__240926031434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005350_BAB_IV__240926031434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005350_BAB_V__240926031434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005350_DAFTAR_PUSTAKA__240926031434.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005350_LAMPIRAN__240926031434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca menjadi salah satu keterampilan kunci yang harus dikembangkan. Namun, banyak siswa di tingkat ini menghadapi kesulitan dalam memahami huruf, kata, dan kalimat. Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya kemampuan membaca siswa yang disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang nya penggunaan media, sehingga banyak siswa yang malas dalam membaca, dan banyak siswa yang membacanya masih dieja. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media flash card terhadap kemampuan membaca siswa I SD Negeri Bojongsoban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design dengan 23 sampel. Validitas yang digunakan validitas instrumen oleh validator dan korelasi Product Moment Pearson sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan statistik inferensial serta uji hipotesis menggunakan uji-t (Paired Sample T-Test). Pengolahan data menggunakan bantuan IBM SPSS ver.26.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri Bojongsoban. Siswa mengalami peningkatan kemampuan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil perhitungan rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 11.27 semula rata-rata 57.47 menjadi 68.73. Hasil uji hipotesis dapat dilihat nilai signifikansi (2 tailed) 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima teruji kebenarannya, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran flash card terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Bojongsoban.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media Flash Card, Kemampuan Membaca, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:08
Last Modified: 14 May 2025 07:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83527

Actions (login required)

View Item View Item