Evaluasi Program Gerakan Sekolah Menyenangkan di SD Negeri Wirosaban

Pratiwi, Aritha Etax (2023) Evaluasi Program Gerakan Sekolah Menyenangkan di SD Negeri Wirosaban. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1500005359_JUDUL__230203105719.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1500005359_BAB_I__230203105719.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1500005359_BAB_II__230203105719.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1500005359_BAB_III__230203105719.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1500005359_BAB_IV__230203105719.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1500005359_BAB_V__230203105719.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1500005359_DAFTAR_PUSTAKA__230203105719.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1500005359_LAMPIRAN__230203105719.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1500005359_NASKAH_PUBLIKASI__230203105719.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK

EVALUASI PROGRAM GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN
DI SD NEGERI WIROSABAN

Oleh :
Aritha Etax Pratiwi
1500005359

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan konteks GSM di SD Negeri Wirosaban, (2) mengungkap masukan GSM di SD Negeri Wirosaban, (3) melakukan proses GSM di SD Negeri Wirosaban, (4) menemukan hasil GSM di SD Negeri Wirosaban, dan, (5) menerangkan dampak GSM di SD Negeri Wirosaban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang dipilih oleh peneliti yaitu diantaranya narasumber P1, P2, P3, P4, P5, P6, P7, dan P8. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif secara interaktif dan berkelanjutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks meliputi dasar hukum program GSM, analisis kebutuhan program GSM, latar belakang program GSM, tujuan program GSM, dan relevansi kurikulum program GSM dan diperkuat dengan kesesuaian antara wawancara, observasi, dan dokumen masih perlu banyak dilakukan perbaikan dan pembaharuan. Masukan terdiri dari penyelenggaraan program GSM, instruktur program GSM, peserta program GSM, kelayakan materi program GSM, metode program GSM, media program GSM, sarana dan prasarana program GSM, dan pendanaan program GSM masih perlu dimaksimalkan kembali adanya program ini. Proses meliputi jadwal pelaksanaan program GSM, kinerja penyelenggaraan program GSM, kinerja instruktur program GSM, aktivitas peserta program GSM, dan evaluasi program GSM dan mengenai hal tersebut masih perlu adanya perbaikan dan pengembangan lebih lanjut lagi yang ditunjukkan dari hasil olah hasil wawancara, observasi, dan dokumen yang diberikan kepada informan terpilih. Produk meliputi capaian yang dilakukan pendidik dan dampak program GSM terhadap mutu proses pembelajaran serta dampak program GSM terhadap kesejahteraan peserta didik (student well being) sudah menunjukan gejala yang baik dan diharapkan para guru dan peserta didik dapat mengimplementasikan apa yang sudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Namun dari temuan peneliti adanya program ini di SD Negeri Wirosaban masih mempunyai kendala yaitu kebijakan dari dinas. Evaluasi dampak atau outcome untuk output-nya karena peserta didik di SD Negeri Wirosaban banyak anak dengan kebutuhan khusus maka kegiatan tersebut bermanfaat untuk merubah perilaku berbuat baik mengingat ada banyak karakteristik dan keadaan peserta didik di kelas. Sedangkan keadaan lulusan sebagai bentuk kiprah lulusan pada pendidikan lanjutan serta di masyarakat yaitu hasil evaluasi pelaksanaan menunjukkan bahwa implementasi program yang dapat dilihat dalam aspek konteks, masukan, proses, produk, dan outcome berada dalam kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa program GSM sudah berjalan namun tetap harus ditingkatkan kembali programnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Gerakan Sekolah Menyenangkan, Evaluasi CIPP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:42
Last Modified: 14 May 2025 07:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83534

Actions (login required)

View Item View Item