Keefektifan Integrasi Seni Kreatif Musik dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Mereduksi Learning Anxiety

Laksono, Rido (2024) Keefektifan Integrasi Seni Kreatif Musik dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Mereduksi Learning Anxiety. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001052_JUDUL__240927110922.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001052_BAB_I__240926041614.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001052_BAB_II__240926041614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001052_BAB_III__240926041614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001052_BAB_IV__240926041614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001052_BAB_V__240926041614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001052_DAFTAR_PUSTAKA__240926041614.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001052_LAMPIRAN__240926041614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Learning anxiety adalah fenomena yang melibatkan beberapa aspek, seperti
afektif, fisiologis, kognitif, dan perilaku. Kecemasan ini merupakan pengalaman yang
tidak menyenangkan dan dapat menyebabkan ketegangan dalam tubuh, yang diatur oleh
sistem saraf otonom. Reaksi seperti detak jantung yang cepat, pernapasan yang pendek,
mulut kering, dan telapak tangan berkeringat dapat terjadi ketika seseorang dihadapkan
pada situasi berbahaya.
Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental tipe one group pretestposttest dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII
B, di SMP Muhamadiyah 2 Gamping tahun ajaran 2023/2024, dengan total 6 siswa yang
dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala learning
anxiety non-test, dan validitasnya instrumen nya diuji di kelas VIII C yang berjumlah 31
orang. Lalu untuk uji validitas data, peneliti menggunakan korelasi bivariate Pearson,
sementara reliabilitasnya diuji menggunakan konsistensi internal. Uji hipotesis dilakukan
dengan paired sample t-test menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan pada skor rata-rata
learning anxiety setelah siswa menerima layanan konseling kelompok dengan teknik seni
musik kreatif, dari nilai 56,5 menjadi 41,5. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai t hitung
9.185 yang lebih besar dari t tabel 2.447, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik ini
efektif dalam mengurangi learning anxiety pada siswa SMP Muhamadiyah 2 Gamping.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Learning Anxiety, Konseling Kelompok, Seni Kreatif Musik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 May 2025 01:44
Last Modified: 15 May 2025 02:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83541

Actions (login required)

View Item View Item