Analisis dan Potensi Artificial Intelligence dalam Pembuatan Bahan Ajar Interaktif bagi Guru SD Muhammadiyah di Yogyakarta

Maulinda, Shindy (2023) Analisis dan Potensi Artificial Intelligence dalam Pembuatan Bahan Ajar Interaktif bagi Guru SD Muhammadiyah di Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005174_JUDUL__231206113939.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005174_BAB_I__231206113939.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005174_BAB_II__231206113939.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005174_BAB_III__231206113939.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005174_BAB_IV__231206113939.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005174_BAB_V__231206113939.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005174_DAFTAR_PUSTAKA__231206113939.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005174_LAMPIRAN__231206113939.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005174_NASKAH_PUBLIKASI__231206113939.pdf

Download (318kB)

Abstract

Maulinda, Shindy. 2023. “Analisis dan Potensi Artificial Intelligence Dalam Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Bagi Guru SD Muhammadiyah Di Yogyakarta”. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah di era digital, pendidikan memerlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran. AI dapat digunakan untuk mengkustomisasi bahan ajar sesuai dengan kebutuhan individu siswa, meningkatkan interaktivitas, serta memberikan umpan balik yang lebih akurat. Guru dapat memanfaatkan AI untuk menghemat waktu dalam persiapan bahan ajar, yang pada gilirannya meningkatkan efisiensidalam proses pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelajahi potensi penggunaan Artificial Intelligence dalam meyediakan bahan ajar interaktif yang relevan bagi guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru kelas. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu: 1) SD Muhammadiyah Karangbendo, 2) SD Muhammadiyah Karangkajen II , 3) SD Muhammadiyah Condongcatur. Objek dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi Artificial Intelligence dalam pembuatan bahan ajar interaktif. Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observassi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di tiga sekolah yaitu, SD Muhammadiyah Karangbendo, SD Muhammadiyah Condongcatur, SD Muhammadiyah Karangkajen II, diperoleh kesimpulan bahwa teknologi Artificial Intelligence memberikan manfaat dan potensi yang signifkian bagi guru dalam berbagai aspek. Secara keseluruhan penggunaan teknologi Artificial Intelligence dalam pendidikan terutama dalam pembuatan bahan ajar interaktif memberikan manfaat yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pembelajaran di era pendidikan 4.0. Teknologi Artificial Intelligence membantu para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran, membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Potensi, Artificial Intelligence, Bahan Ajar Interaktif, Guru SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:47
Last Modified: 14 May 2025 07:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83554

Actions (login required)

View Item View Item