Pengembangan Media Pembelajaran Sway Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Bencana bagi Siswa SD

Nurheni, Bekti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sway Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Bencana bagi Siswa SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005379_JUDUL__231207085414.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005379_BAB_I__231206035111.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005379_BAB_II__231206035112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005379_BAB_III__231206035112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005379_BAB_IV__231206035112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005379_BAB_V__231206035112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005379_DAFTAR_PUSTAKA__231206035112.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005379_LAMPIRAN__231206035112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005379_NASKAH_PUBLIKASI__231206035112.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media
pembelajaran yang inovatif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
dan juga kurangnya literasi bencana pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Menghasilkan media sway digital sebagai media pembelajaran mata
pelajaran IPS Sekolah Dasar materi mitigasi bencana tsunami berbasis kearifan
lokal untuk meningkatkan literasi bencana siswa kelas IV sekolah dasar, (2)
Memvalidasi keefektifitas media sway sebagai media pembelajaran mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar materi mitigasi bencana tsunami
berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi bencana siswa kelas IV sekolah
dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan
analisis data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD
Negeri Sumberagung. Dalam penelitian ini dilakukan pilot test untuk uji coba
produk dan uji kelayakan menggunakan metode preexperimental design (non
design) tipe One-Group Pretest-Posttest design, dengan membandingkan keadaan
sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Media pembelajaran sway materi
tsunami berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi bencana menggunakan
model ADDIE melalui 5 tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan,
implementasi dan evaluasi. (2) Hasil validitas media pembelajaran sway materi
tsunami berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi bencana dinyatakan
valid dari penilaian para ahli dan pilot test, menghasil penilaian ahli media 82,8
(sangat baik), hasil penilaian ahli materi 75,5 (baik), penilaian ahli bahasa 76,9
(baik), penialian ahli pembelajaran 81,6 (sangat baik), dan hasil pilot test
menghasilkan penilaian guru 87,1 kategori “sangat baik” dan peserta didik 97,6
dengan kategori “sangat baik”. (3) Efektivitas media pembelajaran sway materi
tsunami berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan literasi bencana menunjukkan
nilai rerata pre-test 59,6 dan post-test 78,7. Berdasarkan hasil uji T, nilai
signifikansi adalah 0.00 lebih kecil dari < 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima
serta menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antar pre-test dan post-test.
Dengan demikian media pembelajaran sway materi tsunami berbasis kearifan lokal
efektif digunakan dalam meningkatkan literasi bencana pembelajaran IPS kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media Pembelajaran Sway, Tsunami, Kearifan Lokal, Literasi Bencana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:47
Last Modified: 14 May 2025 07:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83556

Actions (login required)

View Item View Item