Peran Guru dalam Menanamkan Budaya Literasi melalui Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota

Saputra, Elfany Dwi (2024) Peran Guru dalam Menanamkan Budaya Literasi melalui Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005358_JUDUL__240926070211.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005358_BAB_I__240926070211.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005358_BAB_II__240926070211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005358_BAB_III__240926070211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005358_BAB_IV__240926070211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005358_BAB_V__240926070211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005358_DAFTAR_PUSTAKA__240926070211.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005358_LAMPIRAN__240926070211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005358_NASKAH_PUBLIKASI__240926115603.pdf

Download (291kB)

Abstract

Masih rendahnya tingkat literasi di Indonesia sehingga kurangnya pemahaman membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Salah satu penyebab utamnya adalah kurang maksimalnya literasi yang merupakan penunjang keberhasilan pembelajaran pada tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pelaksanaa gerakan literasi sekolah, peran guru dalam menanamkan buadaya literasi dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota.
Jenis metode penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, wali kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah peran guru dalam menanamkan budaya literasi kepada peserta didik di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Di SD Muhammadiyah Bantul Kota telah menerapkan GLS dengan menyedikan fasilitas yang dibutuhkan seperti buku, pojok baca, internet, dan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan literasi. Penerapan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan menyediakan pojok baca pada setiap kelas sudah berjalan dengan baik. Peran guru dalam GLS yaitu sebagai teladan memberikan contoh dan meningkatkan kemampuan berbicara dengan dengan baik serta penggunaan bahasa yang benar. Guru sebagai motivator yang memberikan semangat dan motivasi kepada peserta serta memotivasi peserta didik bahwa membaca itu penting. Guru sebagai fasilitator dengan memeberikan pelayanan kepada peserta didik agar program literasi dapat berjalan sesui dengan yang diinginkan, sehingga peserta didik mampu membuat karya secara mandiri dan berfikir kreatif. Guru sebagai evaluator dalam pelaksanan budaya literasi, sehingga perlu adanya evaluasi secara terus menerus. Dengan adanya peran guru dapat menjadikan peserta didik untuk menjadi lebih baik karena guru merupakan seseorang yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. (2) faktor pendukung yaitu antusiasme seluruh warga sekolah, fasilitas pojok baca, buku, jaringan internet dan perpustakaan sekolah. Kemudian ada faktor penghambat yaitu masih adanya orang tua yang belum mendukung dalam kegaiatan literasi serta waktu menjadi hambatan guru dalam menjalankan program literasi, karena dalam membiasakan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai terjeda dengan kegiatan shalat dhuha karena SD Muhammadiyah Bantul Kota merupakan sekolah yang menjunjung tinggi ilmu agama islam.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Literasi, Peran Guru, Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:48
Last Modified: 14 May 2025 07:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83557

Actions (login required)

View Item View Item